Sea Games 2017: Thailand Kontingen Paling Besar, Indonesia Ketiga

Indonesia menjadi kontingen terbesar ketiga pada pelaksanaan SEA Games 2017 yang dibuka di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu, dengan kekuatan 948 orang yang terbagi atas atlet dan official.
Newswire | 19 Agustus 2017 21:21 WIB
Presiden Joko Widodo (tengah) foto bersama dengan kontingen Indonesia ke SEA Games XXIX Malaysia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (7/8). - ANTARA/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia menjadi kontingen terbesar ketiga pada pelaksanaan SEA Games 2017 yang dibuka di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu, dengan kekuatan 948 orang yang terbagi atas atlet dan official.

Berdasarkan data yang dihimpun di lapangan, Thailand menjadi negara yang paling banyak mengirimkan personel yaitu 1.264 orang yang terdiri 818 atlet dan 446 official. Sedangkan tuan rumah Malaysia berada di posisi dua dengan 1.234 orang yang terdiri dari 844 atlet dan 390 official.

Meski berada diposisi ketiga, Indonesia tidak mengirimkan semua atletnya untuk mengikuti pembukaan. Ada beberapa pertimbangan diantaranya adalah belum datang ke Malaysia hingga pelaksanaannya berdekatan dengan jadwal pertandingan.

Berdasarkan dari tim CdM, Indonesia mengirimkan sekitar 200 orang atlet dan personel untuk mengikuti pembukaan. Pada defile kontingen, atlet dan official akan menggunakan pakaian jas berwarna biru dongker. Adapun pembawa bendera adalah perenang I Gede Siman Sudartawa.

"Yang mengikuti defile hanya perwakilan saja. Selain itu tim CdM juga akan mengikuti defile," kata perwakilan CdM Mahfudin Nigara.

Jika Thailand menjadi negara yang paling banyak mengirimkan kontingen, Timor Leste menjadi negara yang paling sedikit mengirimkan kontingennya yaitu 69 orang yang terdiri dari 50 atlet dan 19 official.

Sementara itu pantauan di lapangan, di kawasan Stadion Bukit Jalil sempat diguyur hujan yang cukup lebat. Namun kondisi ini tidak menyurutkan semangat masyarakat untuk datang ke stadion terbesar di Negeri Jiran itu.

Masyarakat yang akan memasuki stadion terlihat berjajaran rapi sebelum dilakukan pemeriksaan oleh petugas di setiap pintu masuk yang sudah disiapkan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Sea Games 2017

Sumber : Antara

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top