Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sea Games 2017: Ini Andalan Indonesia di Balap Sepeda

Pebalap sepeda BMX putri Elga Kharisma Novanda akan menjadi tumpuan tim Indonesia untuk mendulang medali pada Sea Games 2017.
Tiga pebalap sepeda BMX nasional (dari kiri ke kanan) Suswanti, Elga Kharisma Novanda, dan Rina Purnamasari/Antara/Ismar Patrizki
Tiga pebalap sepeda BMX nasional (dari kiri ke kanan) Suswanti, Elga Kharisma Novanda, dan Rina Purnamasari/Antara/Ismar Patrizki

Bisnis.com, JAKARTA - Pebalap sepeda BMX putri Elga Kharisma Novanda akan menjadi tumpuan tim Indonesia untuk mendulang medali pada Sea Games 2017 di Malaysia, 19-30 Agustus mengingat performa atlet asal Malang itu yang terus meningkat.

Manajer timnas balap sepeda Indonesia, Budi Saputra mengatakan cabang olahraga BMX selama ini konsisten menyumbang medali emas. Peluang yang ada harus dimanfaatkan dengan baik meski persaingan bakal berlangsung ketat.

"Ya, Elga kami harapkan dalam performa terbaik dan mampu menyumbang medali emas untuk Indonesia," katanya di Jakarta pada Rabu (2/8/2017).

Menurut dia, saat ini pebalap BMX putra maupun putri terus digembleng dalam pemusatan latihan di Banyuwangi, Jawa Timur. Bahkan, pebalap andalan Indonesia ini juga telah beberapa kali melakukan uji coba internasional yang hasilnya pantas dibanggakan.

Untuk sektor putri, Elga Kharisma Novanda yang merupakan peraih emas Sea Games 2013 itu akan didampingi oleh pebalap asal Jawa Barat, Cup Novianti. Sedangkan disektor putra ada nama yang sudah tak asing lagi yaitu Rio Akbar dan I Gusti Bagus Saputra.

"Kami akui persaingan bakal ketat, tapi kita harus optimistis pebalap kita bakal meraih hasil yang terbaik. Makanya kami terus memantau perkembangan semua atlet balap sepeda yang bakal dikirim," kata Budi menambahkan.

Selain dari BMX, Indonesia memang berpeluang untuk mengejar medali dari nomor road race putra putri maupun track putra dan putri. Hanya saja, dari nomor tersebut persaingannya dinilai bakal lebih ketat karena negara lain termasuk tuan rumah fokus di nomor tersebut.

Untuk road race putra, Indonesia akan mengandalkan pebalap yang sudah tidak asing lagi seperti Aiman Cahyadi hingga Robin Manullang yang merupakan peraih medali emas ITT SEA Games 2015 Singapura. Sedangkan sektor putri ada nama Yanti Fuchiyanti.

Pada nomor track, Indonesia akan menurunkan pebalap senior Uyun Muzizah maupun Santia Tri Kusuma. Untuk putra ada nama Puguh Ahmadi yang sebelumnya merupakan pebalap BMX namun saat ini hijrah ke lintasan track.

"Track, kita harus berusaha dengan maksimal. Bukan berat. Tapi persaingan akan jauh lebih ketat. Apalagi tuan rumah Malaysia memiliki pebalap-pebalap handal," kata Budi menegaskan.

Pebalap track asal Malaysia yang sedang naik daun yaitu Fatehah Mustapa untuk sektor putri hingga juara dunia Azizulhasni Awang. Bisa dipastikan keduanya bakal menjadi batu sandungan bagi peserta balap sepeda nomor track.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler