Ratusan Pesilat Ramaikan Pagelaran Silat Tradisi

Ratusan pesilat dari berbagai perguruan mengikuti pagelaran silat tradisi di Nagari Gadut, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.
Newswire | 30 Juni 2017 07:35 WIB
Kolaborasi seni tari dan Pencak Silat tampil pada acara puncak Festival Bela Diri Dunia di Situ Buled Taman Air Mancur Sri Baduga, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (21/4)./Antara - Agus Bebeng

Bisnis.com, LUBUKBASUNG--Ratusan pesilat dari berbagai perguruan mengikuti pagelaran silat tradisi di Nagari Gadut, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Ketua Panitia Pelaksana Jon Hendri, di Gadut, Kamis (29/6/2017) malam, mengatakan dalam kegiatan ini terdapat lebih kurang 150 orang pesilat dari 15 perguruan di kawasan Agam Timur dan Kota Bukittinggi.

"Setiap perguruan yang ikut dalam kegiatan ini membawa 10 orang anak sasian atau pesilat, ditambah dengan satu orang guru atau tuo silek," katanya lagi.

Ia menyebutkan sebelumnya panitia telah mengundang sebanyak 36 perguruan, tetapi karena berbagai faktor akhirnya yang berkesempatan hadir pada malam itu hanya 15 perguruan.

Penyelenggaraan kegiatan ini merupakan wujud kreativitas anak nagari berkaitan dengan pelestarian tradisi.

"Dari kegiatan serupa ini kami berupaya untuk mengarahkan generasi muda pada perilaku yang positif dan terhindar dari perilaku menyimpang," katanya lagi.

Menurutnya, kegiatan itu juga merupakan wadah untuk memperkenalkan tradisi yang menjadi identitas budaya lokal sebagai masyarakat Minang.

Pagelaran silat tradisi ini bertujuan untuk mengayomi seni dan budaya di nagari agar tetap bertahan di tengah arus modernisasi yang terjadi.



Tag : silat
Editor : Ratna Ariyanti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top