Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Puan: IPTEK Faktor Penting Dongkrak Prestasi Olahraga

Ilmu pengetahuan dan teknologi dinilai menjadi faktor penting dalam meningkatkan prestasi olahraga.
Kurniawan A. Wicaksono
Kurniawan A. Wicaksono - Bisnis.com 06 Juni 2017  |  13:27 WIB
Puan: IPTEK Faktor Penting Dongkrak Prestasi Olahraga
Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani latihan menembak, di kompleks Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, belum lama ini. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Ilmu pengetahuan dan teknologi dinilai menjadi faktor penting dalam meningkatkan prestasi olahraga.

Hal ini diungkapkan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani saat berkunjung ke Korea Institute of Sports Science (KISS) untuk melihat langsung pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mendukung prestasi olahraga.

Indonesia, sambungnya, kini sudah memiliki perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan keolahragaan. Pihaknya berharap agar ada kerjasama oleh kementerian teknis guna mengoptimalkan peran perguruan tinggi terhadap capaian prestasi olahraga.

“Pemerintah akan secara maksimal memfasilitasi upaya penelitian dan pengembangan demi peningkatan prestasi olahraga. Akan diupayakan integrasi fungsi institut kepada fungsi pembinaan prestasi di pusat–pusat pembinaan olahraga,” katanya, seperti dikutip dari laman resmi Kemenko PMK, Selasa (6/6/2017).

KISS merupakan lembaga yang melakukan penelitian ilmiah di bidang ilmu dasar dan terapan yang berkaitan dengan olahraga. Bidang penelitian itu mencakup fisiologi latihan, biomekanik, psikologi olahraga, dan sosiologi olahraga.

Selain itu, KISS juga memberikan dukungan sistem melalui analisis data, pengembangan program ilmiah mutakhir untuk mendukung atlet elit dan profesional, tim nasional dan junior. Saat ini, sport science memiliki peranan penting mulai dari pembibitan, faktor fisik, metode latihan, catatan statistik atlet, penanganan cedera, peralatan latihan, hingga strategi pertandingan.

Indonesia saat ini juga mulai memanfaatkan sport science dalam pembinaan olahraga prestasi, tapi belum optimal.

“Oleh karena itu, untuk mencapai sukses prestasi Asian Games 2018, saya berharap KISS dapat bekerjasama dengan pemerintah dan institusi pendidikan Indonesia untuk meningkatkan prestasi dan kinerja atlet nasional,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

iptek puan maharani
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

back to top To top