Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gowes Pesona Nusantara : Diikuti 1,2 Juta Peserta

Kegiatan bersepeda bertajuk Gowes Pesona Nusantara yang digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga diperkirakan akan melibatkan sekitar 1,2 juta peserta dari berbagai daerah.
Pebalap sepeda nasional Robin Manullang/Antara
Pebalap sepeda nasional Robin Manullang/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kegiatan bersepeda bertajuk "Gowes Pesona Nusantara" yang digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga diperkirakan akan melibatkan sekitar 1,2 juta peserta dari berbagai daerah.

"Kami ingin menyambung Sabang-Merauke dengan sebuah kegiatan olahraga yang disukai masyarakat, yaitu bersepeda," kata Menpora Imam Nahrawi di Jakarta, Rabu (3/5/2017).

Menurut Menpora, semua orang senang bersepeda. Dengan kegiatan ini, budaya bersepeda akan terus bergulir dari perkotaan hingga daerah-daerah yang sulit dijangkau.

Sebanyak 90 kabupaten dan kota terlibat dalam "Gowes Pesona Nusantara" ini.

Kegiatan yang merupakan salah satu dari program "Ayo Olahraga" yang digagas Kemenpora ini akan dimulai pada 13 September 2017 di Sabang, Aceh.

Selain itu, dimulai juga kegiatan bersepeda di Merauke untuk bagian Timur Indonesia, Nunukan di utara dan Atambua di selatan.

Kegiatan berlangsung tiap Sabtu dan Minggu dan akan berakhir pada puncak peringatan Hari Olahraga Nasional 9 September di Magelang, Jateng.

Sementara itu, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora R. Isnanta mengatakan bahwa jumlah peserta "Gowes Pesona Nusantara" bervariasi masing-masing daerah.

"Bahkan ada yang menargetkan hingga 15 ribu peserta," kata Isnanta.

Peserta berasal dari kalangan masyarakat umum, staf pemda setempat, komunitas sepeda dan atlet.

"Kami juga akan mempromosikan industri pariwisata daerah, dengan menetapkan lokasi etape di dekat ikon wisata setempat," katanya.

Selain "Gowes Pesona Nusantara", dalal program "Ayo Olahraga" tahun 2017 juga kembali menggelar Galadesa dan kompetisi sepak bola berjenjang Piala Menpora di seluruh daerah.

Sebanyak 136 kabupaten dan kota siap menggelar Galadesa yang mempertandingkan cabang sepak bola, bulu tangkis, bola voli, sepak takraw dan tenis meja.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler