Pelari Kenya Kuasai Boston Marathon

Pelari Kenya Geoffrey Kirui dan Edna Kiplagat menyapu bersih Boston Marathon di Amerika Serikat.
Newswire | 18 April 2017 09:12 WIB
Dua pelari Kenya, Edna Kiplagat (kiri) dan Geoffrey Kirui, tampil sebagai juara Boston Marathon - Reuters/ Brian Snyder

Bisnis.com, JAKARTA - Pelari Kenya Geoffrey Kirui dan Edna Kiplagat menyapu bersih Boston Marathon di Amerika Serikat pada Selasa pagi WIB (18/4/2017) dengan memenangi nomor putra dan putri, dengan tetap tampil dominan dalam lomba lari yang diwarnai medan berbukit.

Kirui mencapai finis dalam waktu 2 jam 9 menit dan 37 detik setelah menyingkirkan penantang asal AS Galen Rupp dalam final di Boylston Street.

Kirui sempat mendapat tantangan dari Rupp dalam beberapa mil, tetapi peraih medali perunggu Olimpiade asal AS itu tidak mampu mengimbangi langkah pelari Kenya tersebut.

Sementara itu Kiplagat, yang pernah memenangi lari marathon di London, Moskwa, New York, dan Daegu, berlari sendirian pada beberapa mil terakhir tanpa saingan selama final dan mengakhiri penampilannya dalam waktu 2:21:52, hampir 1 menit unggul atas pelari Bahrain Rose Chelimo.

Atlet Kenya itu tetap unggul jauh meskipun dia harus berhenti pada mil-mil akhir ketika dia menyadari bahwa dia telah salah mengambil botol air pesaingnya dari stasiun tambahan dan dia balik mengembalikan botol itu.

"Saya harus mengembalikan karena itu bukan milik saya. Saya khawatir karena anda tahu jika anda salah air itu bisa berakibat buruk bagi anda," kata Kiplagat.

Sementara itu, pelari AS Jordan Hasay berada di posisi ketiga untuk putri dengan waktu 2:23:00, dan pelari Jepang Suguru Osako di urutan ketiga untuk nomor putra.

Sumber : Antara/Reuters

Tag : marathon, bom boston
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top