Pemerintah Libatkan 3 Universitas Kembangkan Sport Science

Pemerintah melibatkan tiga universitas untuk mengembangkan sport science yang dapat mendukung peningkatan prestasi atlet nasional dari berbagai cabang olahraga.
Lili Sunardi | 29 Maret 2017 13:25 WIB
Atlet panahan Indonesia Riau Ega Agata Salsabila - Antara/Nyoman Budhiana

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah melibatkan tiga universitas untuk mengembangkan sport science yang dapat mendukung peningkatan prestasi atlet nasional dari berbagai cabang olahraga.

Imam Nahrawi, Menteri Pemuda dan Olahraga, mengatakan Wakil Presiden Jusuf Kalla menekankan pentingnya dukungan terhadap sport science dan teknologi dalam mengoptimalkan prestasi atlet. Hal itu membuat pemerintah melibatkan tiga universitas dalam pengembangannya.

“Wapres mengundang Kemenpora, KONI, Satlak Prima, Rektor Universitas Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia, dan Universitas Negeri Jakarta, untuk keroyokan menyiapkan dukungan terhadap sport science dan teknologi, agar dapat meningkatkan prestasi,” katanya, Rabu (29/3).

Imam menuturkan pemerintah terus bergerak cepat dalam mempersiapkan penyelenggaraan Asian Games 2018. Persiapan yang dilakukan pun termasuk mengoptimalkan prestasi atlet dalam ajang olahraga tingkat Asia tersebut.

Menurutnya, sport science dan teknologi memiliki peran penting dalam menunjang prestasi atlet nasional. Dengan teknologi itu, seluruh atlet dapat mengetahui keunggulan yang dimilikinya, dan memanfaatkannya untuk meningkatkan prestasi.

“Dengan memanfaatkan perangkat dan peralatan sport science dan teknologi yang sudah ada di UI, UNJ, dan UPI, selanjutnya akan dibentuk tim yang memperkuat kerja Satlak Prima,” ujarnya.

Sebelumnya, Menpora Imam Nahrawi meninjau ketiga universitas tersebut, karena dianggap memiliki perangkat pendukung untuk sport science dan teknologi yang dibutuhkan dalam peningkatan prestasi atlet.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
olahraga, atlet

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top