Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hongaria Tarik Pencalonan Budapest Tuan Rumah Olimpiade

Pemerintah Hongaria akan mencabut pengajuan ibu kota Budapest dalam pencalonan tuan rumah Olimpiade 2024.
Politikus oposisi memprakarsai penolakan terahadap pencalonan Budapest sebagai tuan rumah Olimpiade 2024/Reuters-Laszlo Balogh
Politikus oposisi memprakarsai penolakan terahadap pencalonan Budapest sebagai tuan rumah Olimpiade 2024/Reuters-Laszlo Balogh

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Hongaria akan mencabut pengajuan ibu kota Budapest dalam pencalonan tuan rumah Olimpiade 2024, dengan menuding pihak oposisinya yang menyebabkan kurangnya dukungan nasional dan politik.

Wali Kota Budapest Istvan Tarlos telah menyarankan agar kota tersebut mengundurkan diri setelah pihak oposisi setempat pekan lalu mengumpulkan 250.000 tanda tangan petisi agar diadakan referendum di Budapest terkait isu tersebut.

Budapest sendiri dalam pencalonan Olimpiade, kurang dijagokan ketimbang Los Angeles atau Paris.

"Bagi Budapest dan Hongaria, Olimpiade adalah isu nasional," kata pihak pemerintah dalam pernyataan yang dipublikasikan oleh kantor berita nasionalnya MTI.

"Dalam beberapa bulan belakang, terjadi perpecahan dan masalah Olimpiade berubah dari isu nasional menjadi isu partai. Pihak-pihak oposisi bertanggung jawab atas masalah ini, mereka yang menarik keputusan mereka sendiri (untuk mendukung pencalonan)."

Keputusan pada itu dibuat dalam pertemuan antara Tarlos, Perdana Menteri Viktor Orban, dan ketua Komite Olimpiade Hongaria.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) menyatakan akan menunggu pemberitahuan resmi dari Komite Olimpiade Hongaria, satu-satunya institusi yang berwenang menyatakan pencabutan pencalonan.

Meskipun demikian, keputusan pemerintah Hongaria tersebut sudah merupakan pukulan lanjutan bagi proses pencalonan tuan rumah Olimpiade karena sebelummya Boston, Hamburg dan Roma juga telah mengundurkan diri, sehingga kita hanya tersisa dua kota.

IOC menetapkan serangkaian reformasi, yang disebut dengan Agenda 2020, dua tahun lalu dengan harapan membuat pesta olahraga sejagat itu lebih terjangkau dan menarik bagi tuan rumah.

Sebelumnya, Tarlos, yang hanya akan mendukung pencalonan setelah Agenda 2020 menjanjikan olimpiade yang lebih terjangkau dalam hal biaya, mendesak adanya suatu resolusi atas isu ini.

"Saya tidak pernah bersikeras pada Olimpiade. Tidak ada gunanya memperumit proses ini seperti adonan kue," katanya kepada dewan kota.

Sementara itu Komite Olimpiade Amerika Serikat dan panitia Olimpaide Los Angeles belum berkomentar atas keputusan Hongaria.

Menurut hasil survei yang dipublikasikan oleh Median, separuh warga Hongaria ingin Budapest mundur dari pencalonan. Hanya sepertiga yang mendukung secara nasional. Di Budapest, 56 persen peserta survei menentang menentang pencalonan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler