Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tour d’Indonesia Lewat Jalur Selatan

Tour dIndonesia (TdI) sesuai rencana bakal digulirkan Juli dan jalur yang akan dilalui para pebalap berbeda dengan sebelumnya karena bakal lewat jalur selatan.
Pebalap International Tour de Banyuwangi Ijen (TDBI) 2015 beradu cepat pada etape ketiga di Paltuding, Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (8/5/2015./Antara-Zabur Karuru
Pebalap International Tour de Banyuwangi Ijen (TDBI) 2015 beradu cepat pada etape ketiga di Paltuding, Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (8/5/2015./Antara-Zabur Karuru

Bisnis.com, JAKARTA - Kejuaraan balap sepeda internasional yang sejak 5 tahun terakhir vakum yaitu Tour d’Indonesia (TdI) sesuai rencana bakal digulirkan Juli dan jalur yang akan dilalui para pebalap berbeda dengan sebelumnya karena bakal lewat jalur selatan.

"Survey jalur sudah selesai. Ada perbedaan jalur dibandingkan balapan sebelumnya. Kami memaksimalkan jalur selatan dan finis tidak lagi di Bali namun di Banyuwangi," kata salah satu tim survey jalur TdI 2017, Sondi Sampurno di Jakarta pada Rabu (8/2/2017).

Balapan yang sebelumnya paling bergengsi di Indonesia ini, tetap mengambil start di Jakarta. Di ibu kota ini bakal dilombakan balapan criterium. Semua pebalap nantinya bakal beradu cepat di jalanan ibu kota. Pada TdI sebelumnya balapan digelar di Jalan Panglima Sudirman.

Setelah Jakarta, semua pebalap akan ditransfer menuju Bandung untuk menjalani etape dua. Rencananya dari Kota Kembang ini akan menuju Ciamis. Jalur ini memang sering dilalui TdI, namun untuk jalur berikutnya adalah Ciamis-Purwokerto. Ini jalur baru, selanjutnya ke Yogyakarta atau Solo.

Pada gelaran sebelum-sebelumnya setelah dari Ciamis biasanya menuju Cirebon dan berikutnya menuju Tegal, Semarang, dan selanjutnya baru menuju Solo atau Yogyakarta.

"Ada rencana lewat Cilacap. Tapi setelah di survey terlalu jauh," kata pria yang juga Ketua Komisi Wasit Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI) itu.

Berikutnya jalur yang akan dilalui pebalap kejuaraan yang selama ini menjadi unggulan di Indonesia itu adalah dari Yogyakarta/Solo menuju Madiun. Selanjutnya dari Kota Brem ini akan menuju Surabaya atau Sidoarjo. Selanjutnya dari Surabaya/Sidoarjo menuju Jember.

Dari Jember ini nantinya ada beberapa alternatif menuju Banyuwangi yang merupakan lokasi finis TdI 2017. Alternatif pertama adalah melalui jalur utara meliputi Situbondo dan masuk Banyuwangi, untuk jalur lain melalui Gunung Gumitir yang selanjutnya masuk lokasi finis.

Sementara itu, Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari mengatakan persiapan untuk TdI 2017 berjalan sesuai dengan rencana. Setelah melakukan survey pihaknya akan menjalankan beberapa tahapan yang lain diantaranya menjalin komunikasi dengan sponsor maupun mendata calon peserta.

"TdI adalah tour terbesar di Indonesia. Jadi semuanya harus dipersiapkan dengan baik. Yang jelas kejuaraan ini juga sudah didaftarkan ke UCI," katanya.

Sesuai dengan rencana, kejuaraan balap sepeda paling bergengsi di Indonesia ini rencananya akan diikuti 25 tim yang terbagi atas 20 tim asing dan lima tim lokal. Adapun kategori balapan dari Jakarta menuju Banyuwangi itu adalah 2.2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler