Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Persiapan Sea Games, Atlet Pencak Silat Bidik Juara di Belgia Terbuka

Atlet-atlet pelatnas IPSI akan mengikuti kejuaraan pencak silat Belgia Terbuka 2017 sebagai uji coba sebelum ke Sea Games 2017.
Ilustrasi seni bela diri pencak silat/Antara-Wira Suryantala
Ilustrasi seni bela diri pencak silat/Antara-Wira Suryantala

Bisnis.com, JAKARTA - Atlet-atlet pelatnas Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) akan mengikuti kejuaraan pencak silat internasional Belgia Terbuka 2017 sebagai ajang uji coba sebelum bertarung di Sea Games di Malaysia.

"Kami akan uji coba di Belgia pada 6-7 Mei. Kejuaraan itu hanya untuk nomor tanding dan tidak menggelar nomor seni," kata pelatih pelatnas IPSI Rony Safullah pada Selasa (7/2/2017).

Tim Indonesia, lanjut Rony, membidik juara umum dalam kejuaraan yang menyelenggarakan 14 nomor tanding itu meskipun tentu saja tetap mengharapkan atlet tidak mengalami cedera demi mengikuti Sea Games 2017 pada Agustus.

"Tujuan kami, kejuaraan di Belgia menjadi ajang evaluasi kami setelah menjadi juara umum dalam Kejuaraan Dunia Pencak Silat di Bali pada 2016. Ajang di Belgia itu sekaligus untuk menambah kematangan para atlet dalam bertanding," ujarnya.

Rony memperkirakan tim-tim kuat dari negara-negara Asean seperti Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam akan tampil maksimal dalam Kejuaraan Belgia Terbuka 2017.

"Tim-tim dari Asean itu tentunya punya tujuan yang sama sebagaimana tim Indonesia yaitu uji coba sebelum Sea Games. Kami ingin atlet kami bertanding optimal tanpa cedera," lanjutnya.

Pelatnas IPSI akan mengevaluasi kondisi fisik atlet sebelum berangkat ke Belgia untuk mencegah kemungkinan cedera ketika bertanding.

"Kami tentu meningkatkan persiapan fisik dan otot atlet-atlet. Kami juga menjaga penampilan atlet-atlet yang sudah meraih juara dalam Kejuaraan Dunia Pencak Silat 2016 lalu dan meningkatkan penampilan atlet yang belum meraih gelar," kata Rony.

Selain di Belgia, atlet-atlet pelatnas juga akan menggelar sejumlah uji coba di Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, serta pra-Sea Games di Malaysia.

"Sementara ini kami masih berlatih di Ciloto, Cianjur, Jawa Barat, sejak 2016 karena Padepokan Pencak Silat di Taman Mini Jakarta Timur sedang direnovasi untuk Asian Games 2018," tutur pelatih yang menangani 16 atlet putra dan 10 atlet putri itu.

Rony menambahkan pelatnas IPSI masih menunggu dukungan dari Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) terkait dengan program uji coba sekaligus lokasi latihan selain di Cianjur.

"Kami juga butuh berlatih di lokasi lain sebagai aklimatisasi karena atlet akan bertanding dalam lokasi yang panas di Sea Games 2017," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler