Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Presiden Dorong Pencak Silat Dipertandingkan di Olimpiade

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengupayakan cabang olahraga pencak silat dipertandingkan di Olimpiade 2024.
Presiden Joko Widodo/Antara
Presiden Joko Widodo/Antara

Bisnis.com, DENPASAR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengupayakan cabang olahraga pencak silat dipertandingkan di Olimpiade 2024.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat menutup acara Kejuaraan Pencak Silat for The World: The 17 th World Championship and Festival yang digelar di Gedung Olah Raga (GOR) Lila Bhuana, Kota Denpasar, Bali, pada Kamis (8/12/2016).

"Di Asian Games pencak silat sudah masuk, olimpiade 2020 sudah bisa masuk dalam eksebisi, tapi pada 2024 pencak silat sudah masuk dalam olimpiade yang dipertandingkan," kata Presiden Jokowi di hadapan sekitar 1.500 hadirin yang terdiri dari para atlet, pelatih, ofisial, dan penonton.

Dia menegaskan Pemerintah Indonesia akan mendukung untuk berbicara dengan pihak-pihak terkait di negara lain agar pencak silat dapat secara resmi dipertandingkan dalam ajang olahraga paling bergengsi sedunia, Olimpiade.

Presiden Jokowi mengaku ingat salah satu judul film Indonesia yakni The Raid yang aktor-aktornya memang terkenal sebagai jagoan pencak silat.

"Sekarang mereka terkenal di dunia film internasional, memang sudah sepantasnya, sudah seharusnya pencak silat memiliki kiprah di dunia," katanya.

Presiden Jokowi berharap dari pencak silat dapat diambil hikmah bukan hanya ilmu bela dirinya yang mendunia, tapi juga nilai-nilai sikap ksatria, tidak sok jagoan, dan suka menolong orang lain.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi mengucapkan selamat kepada atlet-atlet yang memenangkan pertandingan di kelasnya masing-masing.

Presiden juga mengajak kepada seluruh jajaran pengurus PB Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia yang baru terpilih secara demokratis untuk mengharumkan pencak silat di pentas dunia.

Kejuaraan Pencak Silat for The World: The 17 th World Championship and Festival kata Presiden, menjadi ajang silaturahmi antar negara sehingga sangat membanggakan Indonesia sebagai negara asal pencak silat ketika perwakilan 40 negara berkumpul mengikuti kejuaraan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler