Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pencak Silat Rambah Amerika Serikat

Pencak silat Amerika Serikat mengharapkan dukungan promosi cabang olahraga bela diri asal Indonesia itu dari Persekutuan Pencak Silat Antarbangsa (Persilat) dan KBRI di AS.
Ilustrasi seni bela diri pencak silat/Antara-Wira Suryantala
Ilustrasi seni bela diri pencak silat/Antara-Wira Suryantala

Bisnis.com, DENPASAR - Pencak silat Amerika Serikat mengharapkan dukungan promosi cabang olahraga bela diri asal Indonesia itu dari Persekutuan Pencak Silat Antarbangsa (Persilat) maupun dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Washington.

"Kedutaan Indonesia tidak mempunyai promosi khusus pencak silat. Jika kami mendapatkan kunjungan dari tim pencak silat Indonesia di Amerika, kegiatan itu akan lebih mengampanyekan silat," kata wasit yang juga pelatih pencak silat AS Abdul-Malik Ahmad kepada Antara di sela-sela Kejuaraan Dunia Pencak Silat ke-17 di Denpasar, Bali.

Dalam kejuaraan dunia yang diikuti atlet-atlet dari 40 negara pada 3-8 Desember itu, Malik menjadi salah satu wasit untuk kategori tanding.

"Tim pencak silat dari Indonesia itu lantas melakukan perjalanan dan pertunjukkan silat ke lima hingga enam negara bagian. Kami hanya butuh sponsor untuk tim dari Indonesia itu," kata pria yang telah mempelajari pencak silat sejak 1990 itu.

Malik yang juga melatih pencak silat di Kota Washington mengapresiasi cita-cita Persilat untuk mengusung pencak silat sebagai salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Olimpiade.

"Cita-cita itu tentu akan melibatkan upaya politik dan dana yang besar. Tapi, promosi pencak silat di Amerika Utara dapat dimulai dengan mendokumentasikan pertunjukkan tim Indonesia dalam bentuk video," ujarnya.

Pencak silat, lanjut Malik, telah hadir di Washington sejak 1980 dari pesilat Indonesia yang membuka perguruan pencak silat Al-Azhar.

"Saya juga sempat mempelajari bela diri lain seperti taekwondo, muay thai, serta jiu jitsu. Tapi, pencak silat memiliki gerakan dan penggunaan senjata yang lebih banyak dibanding bela diri lain," ujarnya.

Malik menjelaskan pencak silat juga mempunyai keunggulan karena jurusnya merupakan salah satu bentuk seni budaya dengan kombinasi gerakan-gerakan yang lembut dan gerakan yang keras.

"Ada sejumlah perguruan pencak silat di Amerika Serikat seperti Perisai Diri dan Merpati Putih. Tapi, mereka tidak begitu besar dan hanya memiliki lima hingga 10 murid," ujarnya.

Malik menambahkan masyarakat Amerika Serikat perlu mengenal pencak silat sebagai olahraga dan seni. "Selama ini orang-orang di Amerika Serikat hanya tahu karate dan taekwondo. Selain tentunya tinju dan gulat."

Perkembangan pencak silat di Amerika Serikat, lanjut Malik, akan menambah promosi pencak silat ke negara tetangganya yaitu Kanada. "Saya mendengar ada sejumlah perguruan pencak silat di Kanada meskipun tidak sebesar yang kami miliki."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler