Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PON 2020: Mimika Sport Complex Siap Digunakan

Gubernur Papua Lukas Enembe meninjau fasilitas Mimika Sport Complex di Timika, yang akan digunakan sebagai arena pertandingan sejumlah cabang olahraga pada PON XX 2020.
Mimika Sports Complex di Papua/Antara
Mimika Sports Complex di Papua/Antara

Bisnis.com, TIMIKA - Gubernur Papua Lukas Enembe meninjau fasilitas Mimika Sport Complex di Timika, yang akan digunakan sebagai arena pertandingan sejumlah cabang olahraga pada PON XX 2020.

Fasilitas yang ditinjau oleh Gubernur Enembe pada Senin (5/12/2016) itu terletak di depan Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) Jalan Poros Timika-SP5.

Dalam kegiatan tersebut, Gubernur Enembe didampingi isteri, Bupati Mimika Eltinus Omaleng, Sekretaris Daerah Provinsi Papua Hery Dosinanen, serta sejumlah anggota DPR Papua dan Majelis Rakyat Papua.

Enembe menyatakan kagum dengan fasilitas Mimika Sport Compleks yang mencakup lapangan indoor, lintasan atletik serta asrama atlet tersebut.

Gubernur bersama rombongan berkesempatan melihat secara langsung fasilitas gedung olahraga indoor yang nantinya digunakan untuk venue pertanding cabor badminton, basket, dan bola voli.

Setelah itu Gubernur Enembe dan rombongan berjalan kaki meninjau lintasan atletik bertaraf internasional yang akan digunakan untuk pertandingan sejumlah cabang atletik. Kunjungan diakhiri dengan meninjau fasilitas asrama atlet.

"Fasilitas yang ada sudah cukup memadai dan bertaraf internasional. Saya minta pengamanan dan perawatannya harus diperhatikan baik agar nanti saat pelaksanaan PON 2020 di Papua tidak mengalami kendala," kata Enembe.

Menurut dia, pembangunan Mimika Sport Compleks oleh PT Freeport Indonesia yang peletakan batu pertamanya pada 2013 semata-mata untuk mendukung keinginan Provinsi Papua menjadi tuan rumah penyelenggaraan PON 2020.

"Tahun 2013 saya meletakan batu pertama pembangunan fasilitas ini karena keinginan kita untuk menjadi tuan rumah PON 2020. Sekarang fasilitas ini sudah selesai dibangun dalam waktu 2 hingga 3 tahun," jelasnya.

Pemprov Papua juga sudah memulai pembangunan stadion utama untuk acara pembukaan dan penutupan PON 2020 di Jayapura, di mana peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya ke Jayapura beberapa waktu lalu.

Gubernur mengatakan sejumlah fasilitas venue atau tempat pertandingan cabang olahraga PON 2020 akan terus disiapkan oleh Pemprov Papua, Pemkab Mimika dan semua mitra terkait pada 2017 hingga 2018.

"Stadion utama akan dibangun di Jayapura. Beberapa venue yang lain akan dibangun di Timika mengingat Jayapura dan Timika merupakan kota utama penyelenggaraan PON 2020 di Tanah Papua," kata Enembe.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler