Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sean Gelael Finis Posisi Kedua di Shanghai

Sean Gelael beserta timnya, Antonio Giovinazzi dan Tom Blomqvist, finis di posisi kedua dalam balapan ketahanan 6 jam kategori LMP2 FIA World Endurance Championship (WEC) 2016.
Sean Gelael/Antara-Puspa Perwitasari
Sean Gelael/Antara-Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA - Sean Gelael beserta timnya, Antonio Giovinazzi dan Tom Blomqvist, finis di posisi kedua dalam balapan ketahanan 6 jam kategori LMP2 FIA World Endurance Championship (WEC) 2016 di Sirkuit Internasional Shanghai, China, Minggu (6/11/2016).

Dengan hasil itu, Sean mampu mengibarkan bendera Merah Putih pada kejuaraan bergengsi ini. Prestasi pebalap berusia 20 tahun sudah diprediksi, karena mampu tampil solid sejak kualifikasi.

"Mereka menjalani balapan hampir sempurna. Tak banyak kesalahan yang mereka buat, sehingga tidak kehilangan waktu dan akhirnya bisa finis kedua. Tentu ini hasil bagus dari kerja keras tim," kata pemilik tim Jagonya Ayam KFC Indonesia, Ricardo Gelael, dalam keterangan tertulis.

Tampil dengan bendera Extreme Speed Motorsport yang didukung penuh oleh Jagonya Ayam KFC Indonesia, Sean dan kawan-kawan mampu memenuhi target yang dibebankan. Apalagi pada balapan sebelumnya di Jepang mampu finis di urutan empat.

Apa yang diraih di balapan Shanghai tak lepas dari berjalannya strategi yang diterapkan. Tom menjadi pebalap pertama yang mengemudikan mobil Ligier JS P2 Nissan.

Start dari posisi ketiga, pebalap asal Inggris ini bisa tampil cukup konsisten menjaga kecepatan mobil dan tingkat keausan ban. Setelah 45 menit membalap, Tom masuk pit stop bergantian dengan Antonio sebagai pebalap kedua.

Antonio yang sejak awal diproyeksikan untuk membalap selama 90 menit dengan jeda sekali pit stop bermain impresif, bahkan mampu berada di posisi terdepan. Namun, pebalap asal Italia itu setelah pit stop melorot diposisi tiga atau di bawah pebalap tim G-Drive Racing dan RGR Sport by Morand.

Setelah 90 menit melahap lintasan, Antonio pun harus melakukan pit stop kedua, sekaligus memberikan tempatnya untuk Sean Gelael yang menjadi pebalap ketiga. Pergantian pebalap berjalan dengan mulus, Sean pun juga bisa tampil konsisten untuk mempertahankan posisi tim diperingkat tiga.

Trio pebalap Jagonya Ayam mencetak rata-rata kecepatan 168,7 kilo meter per jam setiap putaran. Sementara waktu tercepat tim, yakni 1 menit 56,324 detik dicetak Antonio Giovinazzi.

Tom Blomqvist mengakhiri balapan dengan menggantikan Sean setelah menyelesaikan tugasnya selama 90 menit. Meski ini debut Tom pada ajang balap FIA WEC, penampilan pebalap asal Inggris itu cukup mengesankan.

Dia bahkan bisa membawa tim naik ke posisi kedua sampai menyelesaikan putaran yang ke-179. Selain penampilan pebalap yang konsisten, keberhasilan tim meraih posisi kedua juga tak lepas strategi pit stop yang hanya enam kali pemberhentian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler