29 Atlet Atletik Disiapkan Ikut Pelatnas Sea Games 2017

Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) menyiapkan 29 atlet atletik untuk mengikuti pemusatan pelatihan nasional jelang Pesta Olahraga Asia Tenggara (Sea Games) 2017.
Newswire | 02 November 2016 08:59 WIB
Maria Natalia Londa - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) menyiapkan 29 atlet atletik untuk mengikuti pemusatan pelatihan nasional jelang Pesta Olahraga Asia Tenggara (Sea Games) 2017.

"Kami masih fokus pada atlet-atlet senior berusia di atas 20 tahun. Ada 18 atlet yang menjadi prioritas utama kami. Tapi, kami punya 11 atlet lagi yang masuk lapis kedua," kata Wakil Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PASI Nanang Kusuma.

PASI, lanjut Nanang, menyeleksi atlet-atlet yang diajukan ke Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) untuk Sea Games yang berlangsung di Malaysia melalui hasil PON XIX 2016 di Jawa Barat serta hasil Sea Games 2015 di Singapura.

"Kami punya catatan perolehan waktu para atlet dan beberapa atlet telah menyamai hasil Sea Games 2015. Tapi, ada beberapa atlet yang sekadar mendekati hasil SEA Games di Singapura," katanya.

Pelatnas atletik akan mendatangkan pelatih dari luar negeri untuk mendampingi atlet-atlet potensial yang diproyeksikan meraih medali di Malaysia.

"Kami memang belum dapat memastikan hasil mereka. Setidaknya, kami punya awalan yang bagus dan atlet-atlet itu perlu latihan yang teratur," lanjut Nanang.

Sejumlah nama yang masuk dalam daftar Bidang Pembinaan dan Prestasi PB PASI antara lain Hendro pada nomor jalan cepat 10.000 meter dan 20.000 meter, atlet sapta lomba Emilia Nova, atlet lari gawang Atjong Tio dan Rini Budiarti, atlet lari maraton Agus Prayogo, dan atlet tolak peluru putri Eki Febri Ekawati.

Kemudian, atlet lompat jauh Maria Natalia Londa, atlet lompat tinggi Nadia Anggraini, atlet lari 100 meter Sudirman Hadi, serta tim estafet 4x100 meter putra yaitu Yaspi Boby, Iswandi, Fadlin, Yudi Nugroho, dan Rio Maholtra.

"Dari hasil PON 2016, kami membidik Budiman Hole dari Banten yang untuk nomor lari 800 meter dan 1.500 meter. Lalu, atlet Bangka Belitung Suwandi pada nomor lompat jauh," kata Nanang.

PB PASI masih menunggu surat keputusan dari Satlak Prima tentang atlet-atlet atletik yang masuk dalam pelatnas jelang SEA Games 2017.

"Para atlet sekarang kembali ke daerah masing-masing karena mereka belum menerima surat keputusan dari Satlak Prima," kata Nanang.

PB PASI mempunyai tiga lokasi pelatnas yakni Cibinong dan Pangalengan di Jawa Barat serta Stadion Rawamangun di Jakarta Timur.

Sumber : Antara

Tag : atletik, Sea Games 2017
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top