Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PEPARNAS XV: Panitia Besar Siapkan Bus Khusus untuk Atlet

Panitia Besar Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 Jawa Barat menyiapkan belasan unit bus khusus untuk para atlet selama perhelatan olahraga itu.
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan/Antara
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Panitia Besar Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 Jawa Barat menyiapkan belasan unit bus khusus untuk para atlet selama perhelatan olahraga itu. 

"Layanan Jawa Barat untuk Peparnas dilakukan maksimal dan kami siapkan layanan bus untuk atlet difabel, yang baru pertama ada di Indonesia. Kami gunakan bus itu untuk layanan atlet Peparnas," kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) pada peluncuran dan sosialisasi Peparnas 2016 Jabar di Car Free Day Jalan Dago Kota Bandung, Minggu. 

Bus khusus bagi difabel itu dilengkapi dengan perangkat hidrolik untuk mengangkat kursi roda masuk ke bus. Bagian dalam bus dikosongkan dan sebagai gantinya dipasang tali untuk menambatkan kursi roda. 

Cara mengoperasikan bus itu pun didemonstrasikan pada acara sosialisasi yang berlokasi di kawasan CFD di perempatan Jalan Cikapayang dan Jalan Dago.

Menurut Aher yang juga Ketua Umum PB PON dan Peparnas 2016 Jabar, bus itu secara khusus dipesan untuk Peparnas 2016. 

"Seperti halnya PON, kami juga menargetkan sukses dalam penyelenggaraan Peparnas. Jabar telah siap menjadi tuan rumah Peparnas," katanya. 

Ia menyebutkan, sosialisasi Peparnas merupakan pemantapan dari sosialisasi PON yang telah dilakukan secara maraton.

Aher pun berharap Kontingen Jabar yang berjumlah 350 orang bisa meraih target juara umum. 

"Atlet Peparnas Jabar harus bisa meraih juara umum di ajang ini. Jabar ingin meraih sukses setelah menjadi juara umum Popnas, Porwanas dan PON. Maka juara umum Peparnas diharapkan bisa menyempurnakan prestasi olahraga Jabar," kata Heryawan. 

Sementara itu Ketua National Paralimpik Nasional Indonesia (NPCI) Jabar Ukun Ruhandi menyatakan timnya siap merealisasikan Jabar Kahiji di Peparnas.

"Pada Peparnas 2012 di Riau kami meraih tempat kedua. Maka di Jawa Barat ini kami harus jadi juara umum," kata Ukun.

Ia menyebutkan Kontingen Jabar akan menurunkan 250 atlet, 50 pelatih dan 50 ofisial yang akan turun di 13 cabang olahraga yakni sepak bola, tenis meja, tenis lapangan, sepak bola, judo, atletik, panahan, tenpin boling, catur, goalball, renang, bola voli dan bulutangkis.

"Kami siap menembus batas, berprestasi maksimal tak hanya di PON tapi meretas jalan menuju kesempatan berlaga di pentas internasional," kata Ukun. 

Sementara itu sosialisasi Peparnas di Car Free Day Dago Kota Bandung dihadiri oleh 250 atlet Jawa Barat. Selain Aher, turut hadir Wagub Deddy Mizwara dan Kapolda Jabar Irjen Pol Bambang Waskito. 

Pada kesempatan itu juga diperkenalkan Komandan Kontingen Peparnas Jabar Irjen Pol Bambang Waskito.

"Kami mohon doa restu untuk perjuangan Kontingen Jabar meraih Juara Umum Peparnas," kata Bambang Waskito. 

Suasana sosialisasi Peparnas di kawasan Dago juga dimeriahkan dengan pertandingan eksibisi cabang angkat besi, atletik dan tenis meja. Para atlet Peparnas Jabar melakukan uji tanding dengan masyarakat serta melakukan deklarasi dan pengumpulan tanda tangan dukungan untuk Peparnas 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler