Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PON 2016: Jabar Sabet Medali Emas dari Cabang Balap Sepeda Gunung

Trio asal Jawa Barat (Jabar) Bandi Sugito, Kusmawati Yazid dan Candra Rafsanzani mengawali pundi emas tuan rumah setelah menjadi yang terbaik pada nomor sepeda gunung tim relay Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di lintasan balap Cikole, Bandung Barat, Minggu.
Maskot PON 2016 Jawa Barat/Antara-Agus Bebeng
Maskot PON 2016 Jawa Barat/Antara-Agus Bebeng

 Bisnis.com, JAKARTA- Trio asal Jawa Barat (Jabar) Bandi Sugito, Kusmawati Yazid dan Candra Rafsanzani mengawali pundi emas tuan rumah setelah menjadi yang terbaik pada nomor sepeda gunung tim relay Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di lintasan balap Cikole, Bandung Barat, Minggu.

Kemenangan tim tuan rumah ini sudah diprediksi karena diperkuat oleh pebalap yang kenyang pengalaman baik tingkat lokal maupun internasional. Bahkan, dua diantaranya, Kusmawati dan Bandi, adalah peraih emas pada SEA Games 2013 Myanmar. Dengan demikian, hasil ini bukan sebuah kejutan.

Namun, jika dilihat akumulasi catatan waktu yang dibukukan tidak begitu jauh dengan pebalap yang berada di posisi dua atau peraih perak yaitu tim Riau yang terdiri dari Adi Fendi Saputra, Wihelmina dan Sugianto. Jabar dengan 56 menit 53 detik dan Riau 57 menit 51 detik. Sedangkan posisi ketiga direbut oleh tim Jawa Timur yang diperkuat oleh Zaenal Fanani, Crismonita Dwi Putri dan Tomi Hidayah. Mereka mengumpulkan catatan waktu 58 menit 34 detik.

Meski demikian, Zaenal Fanani menjadi pebalap tercepat individu dalam menempuh jarak 4,7 km dengan waktu 16 menit 47 detik. Bagi tim Jabar, kunci kemenangan yang diraih adalah berkat kerja sama tim yang salid. Apalagi, semuanya cukup mengenal lintasan balap digunakan untuk kejuaraan empat tahunan ini.

"Kami cukup mengenal track disini. Apalagi kami didukung oleh pebalap yang memiliki kekuatan yang merata. Bahkan kami bertiga sudah cukup lama berlatih bersama," kata salah satu pebalap Jawa Barat, Bandi Sugito usai perlombaan. Salah satu pebalap senior Jabar itu menjelaskan, emas yang diraih pada nomor tim relay ini diharapkan menjadi modal untuk balapan berikutnya untuk nomor sepeda gunung putra dan putri di tempat yang sama Senin (19/9).

Track yang dilalui semua pebalap dari lima provinsi ini terbilang cukup berat. Terbukti satu tim yaitu dari Kalimantan Utara yang diperkuat oleh M Fajrul Falah, Eva Desiana dan Rahmadani gagal finis. Dengan demikian hanya empat tim yang finis termasuk tim Bali yang berada di posisi keempat. Hasil yang diraih oleh Bandi Sugito dan kawan-kawan sangat diapresiasi oleh Ketua ISSI Jawa Barat, Ato Hermanto.

Menurut dia, hasil yang diraih oleh Kusmawati Yazid dan kawan-kawan merupakan buah persiapan yang dilakukan selama ini. "Sejak awal kita menargetkan menjadi yang terbaik. Apalagi Jawa Barat sudah mencanangkan program Jabar Kahiji," katanya saat dikonfirmasi.

Sementara itu Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari yang juga hadir dalam kejuaraan mengatakan, PON merupakan ajang untuk memantau atlet yang selanjutnya akan dimasukkan pada pelatnas baik untuk persiapan SEA Games 2017 maupun Asian Games 2018.

"Kami akan terus memantau perkembangan mereka. Yang jelas untuk nomor cross country (sepeda gunung) kami akan mencari dua pebalap putra dan dua pebalap putri," katanya usai pengalungan medali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler