Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Olimpiade Rio 2016: Capaian Paling Manis Bulu Tangkis Eropa

Olimpiade Rio diyakini dapat menjadi momentum bagi negara-negara Eropa untuk menggoyang dominasi Asia di cabang olahraga bulu tangkis dunia.
Samdysara Saragih
Samdysara Saragih - Bisnis.com 27 Agustus 2016  |  13:58 WIB
Olimpiade Rio 2016: Capaian Paling Manis Bulu Tangkis Eropa
Pebulu tangkis Tontowi Ahmad (kiri) dan Liliyana Natsir menggigit medali emas yang didapat usai mengalahkan pasangan Malaysia Peng Soon Chan dan Liu Ying Goh dua set langsung dalam partai final ganda campuran bulu tangkis Olimpiade Rio 2016 di RIo de Janeiro, Brazil, Rabu (17/8). - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Olimpiade Rio diyakini dapat menjadi momentum bagi negara-negara Eropa untuk menggoyang dominasi Asia di cabang olahraga bulu tangkis dunia.

Pada ajang empat tahunan itu, Eropa berhasil mengumpulkan satu medali emas, satu perak, dan dua perunggu. Ini merupakan capaian terbaik setelah Olimpiade Atlanta 1996 ketika tunggal putra Denmark Poul-Erik Hoyer Larsen membawa pulang sekeping medali emas.

Di Rio, emas Eropa disumbangkan oleh tunggal putri Spanyol Carolina Marin, perak oleh ganda putri Denmark Christinna Pedersen/Kamilla Rytter Juhl. Adapun perunggu berasal dari tunggal putra Denmark Viktor Axelsen dan ganda putra Inggris Raya Chris Langridge/Marcus Ellis.

“Bulu tangkis menjadi lebih kompetitif di semua kategori. China tidak lagi mendominasi seperti empat tahun lalu,” kata Christinna Pedersen sebagaimana dikutip Bisnis.com dari situs resmi BWF, Sabtu (27/8/2016).

Christinna/Kamilla berhasil menaklukkan pasangan China Tang Yuanting/Yu Yang di semifinal. Ini adalah kali pertama Negara Panda gagal menempatkan wakilnya di final ganda putri sejak bulu tangkis dipertandingkan di Olimpiade 1992.

Di final, ganda Denmark itu hampir saja merebut emas andai tidak takluk dari ganda putri nomor satu dunia asal Jepang, Misaki Matsutomo and Ayaka Takahashi.

Dominasi China

Sementara itu, dominasi China di tunggal putri berakhir setelah Carolina Marin menyingkirkan juara bertahan Li Xuerui di semifinal. Bahkan Negeri Tirai Bambu tidak berhasil mendapatkan satu medali pun karena Li Xuerui urung mengikuti perebutan perunggu akibat cedera yang didapatkannya pada semifinal.

“Kemenangan ini lebih dari sekadar medali. Saya memiliki tim terbaik di belakang saya, mereka membantu saya banyak dan menakjubkan,” kata Carolina Marin.

Olimpiade Rio juga menjadi tempat persemaian pemain-pemain muda asal Benua Biru. Tunggal putra Denmark Viktor Axelsen meraih perunggu setelah mengalahkan juara bertahan Lin Dan di partai perebutan tempat ketiga.

Unggulan keempat itu hanya kalah dari Chen Long, yang kemudian merebut medali emas, di babak semifinal. Axelsen yang saat ini bertenger di posisi empat dunia diprediksi kian bersinar seiring dengan rencana pensiun Lin Dan dan Lee Chong Wei.

Sektor tunggal putra praktis tidak memberi kejutan karena empat unggulan teratas masuk semifinal. Namun, lain halnya dengan sektor ganda putra yang di luar prediksi berbagai kalangan.

Final

Final idaman antara ganda Korea Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong dan Hendra Setiawan/Muhammad Ahsan batal terjadi karena keduanya tersisih masing-masing di fase grup dan perempat final.

Kondisi ini melapangkan jalan pasangan Inggris Raya Chris Langridge/Marcus Ellis mendapatkan medali perunggu. Mereka menaklukkan pasangan Jepang Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa di perempat final.

Langkah keduanya memang terhenti oleh Zhang Nan/Fu Haifeng di babak empat besar, tetapi kemudian mencicipi kalungan perunggu usai menaklukkan Chai Biao/Hong Wei.

Secara umum, China tetap menjadi juara umum cabang bulu tangkis Olimpiade Rio dengan dua emas dan satu perunggu. Asia juga mempertahankan dominasi dengan meraih total empat emas berkat tambahan satu keping medali emas dari Indonesia dan Jepang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

eropa china spanyol denmark bulu tangkis olimpiade rio
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

back to top To top