Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Konsultan MotoGP Kunjungi Jakabaring

Konsultan perencanaan pembangunan sirkuit MotoGP dijadwalkan akan meninjau lokasi di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang untuk membicarakan teknis dan administrasi yang diperlukan dalam pembangunan sirkuit tersebut.
Kompleks Olahraga Jakabaring di Palembang, Sumatra Selatan/Antara
Kompleks Olahraga Jakabaring di Palembang, Sumatra Selatan/Antara

Bisnis.com, PALEMBANG -- Konsultan perencanaan pembangunan sirkuit MotoGP dijadwalkan akan meninjau lokasi di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang untuk membicarakan teknis dan administrasi yang diperlukan dalam pembangunan sirkuit tersebut.

Asisten III bidang Kesra Setda Sumsel Akhmad Najib mengatakan, tim konsultan yang akan datang tersebut yakni Hermann Tilke dan Jefri, didampingi oleh Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sadikin Aksa dan jajaran IMI Sumsel.

Pihak konsultan akan melihat progres yang berkaitan dengan rencana pengerjaan sirkuit tersebut.

"Dalam surat yang sudah kami kirim ke Dorna, sudah diinformasikan bahwa kami sudah menyiapkan lahan seluas 120 hektare untuk pembangunan sirkuit tersebut. Nanti, mereka akan melihat masterplannya. Pertimbangan konsultan tersebut akan menjadi acuan dan rekomendasi bagi Dorna menyetujui," katanya, Senin (15/8).

Nantinya, gubernur akan memaparkan apa saja yang telah disiapkan oleh pemprov untuk pembangunan sirkuit.

Para konsultan pun tentunya akan memberikan arahan dan syarat teknis serta administrasi yang harus dipenuhi oleh pemprov.

Sebelumnya, Ketua Harian IMI Sumsel Augie Bunyamin mengatakan, IMI telah melaporkan perkembangan terakhir terkait rencana pembangunan Sirkuit MotoGP Palembang.

Pihaknya pun membicarakan konten desain sirkuit yang memungkinkan untuk dijadikan masterplan.

Selain itu, Dorna Sport pun memiliki rencana bahwa sirkuit yang akan dibangun di Palembang akan menjadi sirkuit termurah.

Namun Augie tidak menjelaskan lebih lanjut apakah termurah dari sisi dana pembangunannya atau harga tiket yang harus dibayarkan para penonton.

Dirinya menjelaskan, Hermann Tilke datang untuk menyurvei lokasi yang telah ditetapkan yakni di dekat ski air JSC seluas 120 ha.

Augie menuturkan, sudah ada dua calon investor yang akan membangun sirkuit tersebut dan melakukan kerjasama BOT dengan pemprov.

Menurut dia, gubernur minta secepatnya mulai dibangun karena lama pengerjaan sirkuit ini diperkirakan memakan waktu 16 bulan.

"Gubernur minta pengerjaan fisik secepatnya dilakukan. Tahun ini ditekankan harus sudah ada pembangunan fisik. Agar nanti pada 2017, Dorna melihat sudah ada progresnya dan bisa menjadwalkan Sumsel dapat di seri berapa untuk MotoGP 2018," jelasnya.

Dorna dengan Pemprov Sumsel pun tengah membahas pengajuan persyaratan yang mesti dipenuhi agar pembangunan bisa segera dilakukan. Mulai dari sisi komersilnya hingga pembahasan klausul kerjasama kedepannya.

"Kira-kira persyaratannya apa yang kurang, jadi bisa langsung dilengkapi oleh pemprov. Tapi sejauh ini belum disebutkan ada kekurangan karena yang terpenting itu lahannya sudah bebas dan siap bangun," ujarnya.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin menuturkan, calon investor tersebut memang sudah ada. Namun pihaknya masih merahasiakan siapa calon investor yang akan mendanai pembanguan Sirkuit MotoGP Jakabaring, Palembang ini.

"Untuk total investasinya sendiri belum tahu pasti. Nanti setelah konsultan tersebut selesai mendesain, baru tahu berapa dana yang dibutuhkan. Diperkirakan tidak lebih dari Rp500 miliar," tutur Alex.

Alex menjelaskan, Herman Tilke merupakan desainer sirkuit berpengalaman yang sudah dipercaya oleh Dorna Sport. Hermann telah merancang 18 dari 21 sirkuit MotoGP serta 16 dari 19 sirkuit Formula 1 yang ada di seluruh dunia.

Investor yang ditunjuk pun bukan sembaran investor melainkanyang memang sudah bergelut di bidang ini sejak lama. Karena pembangunan jalan dan struktur bangunannya pun berbeda dengan aspal yang lebih tebal dan segala komponen sirkuit lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Provinsi Sumsel Basyaruddin Akhmad mengatakan, selain masterplan pihaknya juga sudah menyiapkan desain, serta semua persyaratan untuk pembangunan sirkuit di Jakabaring Palembang itu.

"Apa saja infrastruktur yang mendukungnya, seperti akses transportasi menuju ke Jakabaring juga sudah siap. Diantaranya LRT (Light Rail Transit) dan lainnya juga sudah dimulai pembangunannya," katanya.

Pihaknya juga siapkan masterplan dari sisi kesiapan sektor perhotelan, sektor akses bandara serta jadwal terbang ke Palembang, hingga infrastruktur pendukung, seperti Jembatan Musi IV dan Jembatan Musi VI.

Diakuinya, segala bentuk persiapan mulai dari rancangan desain sirkuit hingga kesiapan lahan terus dilakukan. Lokasi sirkuit Moto GP itu berada di pinggiran danau ski air kompleks Jakabaring Sport City (JSC) seluas 120 hektar.

"Lahan ini merupakan aset milik pemprov. Tidak perlu lagi ada pembebasan lahan sehingga pengerjaan sirkuit bisa dilakukan setelah persiapan selesai," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler