Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OLIMPIADE 2016: Pertama Kali Atlet Singapura Gondol Emas

Josep Schooling menjadi atlet Singapura pertama yang meraih medali emas OIimpiade setelah merajai nomor 100 meter gaya kupu-kupu putra pada Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil, Jumat malam waktu setempat atau Sabtu (13/8/2016) pagi WIB.
Perenang Singapura Joseph Schooling/Reuters
Perenang Singapura Joseph Schooling/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Josep Schooling menjadi atlet Singapura pertama yang meraih medali emas OIimpiade setelah merajai nomor 100 meter gaya kupu-kupu putra pada Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil, Jumat malam waktu setempat atau Sabtu (13/8/2016) pagi WIB.

Tidak hanya mempersembahkan emas, Schooling juga memecahkan rekor baru Olimpiade dengan 50,39 detik, mengalahkan jago-jago renang dunia, antara lain raja renang dunia Michael Phelps dari Amerika Serikat.

Schooling memecahkan rekor Olimpiade 50,58 detika yang diciptakan delapan tahun lalu oleh sang maestro renang Michael Phelps pada Olimpiade Beijing 2008.

Pada nomor ini, hal langka juga terjadi ketika tiga perenang sama-sama dikalungi medali perak setelah mencatat waktu sama 51,14 detik.  Ketiga perenang itu adalah Phelps, Chad de Clos dari Afrika Selatan dan perenang Hungaria Laszlo Cseh.

Emas yang dipersembahkan Schooling adalah emas pertama yang dipersembahkan atlet renang Asia Tenggara.

"Rasanya hebat, saat ini rasanya setengah tidak nyata, gila," kata Schooling usai perlombaan. "Saya sungguh tidak bisa melukiskan perasaan saat ini. Semua adrenalin mengalir deras di nadi saya saat ini. Mimpi yang menjadi kenyataan."

"Saya sungguh terhormat dan istimewa bisa berenang dengan nama-nama besar, orang-orang yang telah mengubah wajah olah raga kita," sambung dia.

"Saya sungguh tak bisa mengungkapkan betapa bahagianya saya memiliki kesempatan berenang pada sebuah final Olimpiade dan mewakili negara kami."

"Saya senang sekali. Saya ingin tenggelam di dalamnya (perasaan bahagia sekali)," tutup dia seperti dikutip channelnewsasia.com.

Ketua kontingen Singapura Low Teo Ping berkata bahwa "Ini semua untuk Singapura. Kami semua dalam ekstasi (kebahagian yang berlebihan)."

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler