Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PON 2016 Libatkan 2.307 Wasit & Juri

Penyelenggaraan pertandingan PON XIX/2016 Jawa Barat pada 17-29 September 2016 melibatkan 2.307 wasit dan juri dari berbagai daerah.
Maskot PON 2016 Jawa Barat/Antara-Agus Bebeng
Maskot PON 2016 Jawa Barat/Antara-Agus Bebeng

Bisnis.com, BANDUNG - Penyelenggaraan pertandingan PON XIX/2016 Jawa Barat pada 17-29 September 2016 melibatkan 2.307 wasit dan juri dari berbagai daerah.

"Berdasarkan rekap sementara, 2.307 wasit dan juri akan bertugas pada PON 2016, belum termasuk 108 wasit dan juri yang bersertifikat internasional," kata Ketua Bidang Pertandingan PON 2016 Yudha M. Saputra di Bandung, Jabar, pada Sabtu (21/5/2016).

Menurut dia, wasit dan juri merupakan salah satu elemen penting dalam penyelenggaraan PON XIX/2016 dan sebagian besar memiliki pengalaman dalam memimpin pertandingan tingkat nasional bahkan internasional.

Meskipun telah memiliki kemampuan dan teruji, induk organisasi cabang olahraga masing-masing tetap akan melakukan penyegaran bagi mereka yang biasanya digelar sebelum penyelenggaraan pertandingan.

Terkait dengan keterlibatan wasit dan juri asing atau dari luar negeri, kata Yudha, ada beberapa cabang olahraga yang mengajukan penggunaan wasit atau juri asing. Bukan untuk memimpin pertandingan, melainkan sebagai konsultan bagi wasit dan juri yang bertugas pada cabang tertentu.

"Ada beberapa cabang olahraga yang mengajukan untuk menggunakan wasit atau juri dari luar negeri, namun tidak semuanya. Tidak banyak, mungkin hanya minta satu orang," kata Yudha.

Permintaan itu diluluskan karena menyangkut persiapan penyelenggaraan pertandingan, di mana kehadiran mereka bisa mendukung pelaksanaan pertandingan, khususnya dari bidang perwasitan.

Yudha mengakui awalnya PB PON XIX/2016 akan mendatangkan wasit dan juri asing, namun setelah dievaluasi, ternyata jumlah wasit dan juri yang berlisensi internasional di Indonesia cukup banyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler