Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dayung Loloskan Dua Atlet ke Olimpiade Rio

Dayung Indonesia memastikan diri meraih dua tiket ke Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro Brasil setelah Dewi Yuliawati dan La Memo meraih target final pada Kejuaraan Dayung Asia-Ocenia di Chang-ju, Korea Selatan.
Pedayung Indonesia La Memo ketika menjuarai Sea Games 2015/Antara
Pedayung Indonesia La Memo ketika menjuarai Sea Games 2015/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Dayung Indonesia memastikan diri meraih dua tiket ke Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil, setelah Dewi Yuliawati dan La Memo meraih target final pada Kejuaraan Dayung Asia-Ocenia di Chang-ju, Korea Selatan.

Hasil yang diraih dua andalan Indonesia yang sejak awal ini sangat diapresiasi oleh Ketua Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) Achmad Soetjipto yang pada saat itu mendampingi atlet dayung Indonesia berjuang mendapatkan tiket Olimpiade.

"Ini hasil pembinaan jangka panjang. Memo dan Dewi telah berada dalam lingkungan High Performance Training (HPT) sekitar 2 tahun di bawah supervisi pelatih asal Belanda, Boudewijn van Opstal," kata Achmad Soetjipto.

Menurut dia, peran pelatih asing yang menerapkan program HTP benar-benar banyak memberi pelajaran praktis kepada pelatih nasional termasuk bagaimana memelihara dan membangun lingkungan kepelatihan menjadi lingkungan keunggulan.

Dengan lolosnya atlet dengan nama lengkap La Memo (M1X) dan Dewi Yulianti (W1X) ini tim dayung disiplin rowing ini mencetak sejarah dengan lolos untuk pertama kalinya ke ajang kejuaraan multi -event terbesar di dunia itu. Hasil ini diraih setelah keduanya lolos ke final masing-masing nomor yang diikuti.

"Tidak banyak cabang olahraga yang berhasil menciptakan lingkungan HPT. Makanya Satlak Prima akan membuat kebijakan dengan mengirim atlet dan pelatih sebanyak mungkin ke pusat-pusat latihan di luar negeri," kata mantan Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) itu.

Keinginan untuk memperbanyak pelatihan ke luar negeri bukan tanpa alasan. Indonesia saat ini dituntut untuk melakukan perubahan demi meraih prestasi. Target terdekat selain Olimpiade Brazil adalah Sea Games 2017 di Malaysia dan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

"Kita harus secepatnya bangkit. Makanya baik atlet maupun pelatih harus merasakan lingkungan keunggulan di luar negeri agar mereka bisa mengadopsi lingkungan tersebut di Tanah Air," kata Achmad Soetjipto menegaskan.

Dengan lolosnya Memo dan Dewi ke Olimpiade 2016, maka sudah ada 12 atlet yang dipastikan berangkat ke Brasil. Jumlah tersebut akan bertambah dari cabang bulu tangkis. Hingga saat ini sudah ada 10 slot yang didapat meskipun penentuan akhir baru diputuskan pada akhir Mei.

Adapun cabang olahraga yang sebelumnya sudah mendapatkan tiket ke Olimpiade Brasil adalah tujuh atlet angkat besi, dua dari panahan, dan satu dari atletik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler