Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Formula 1 China: Ini Strategi Ban Rio Haryanto

Formula 1 China: Ini Strategi Ban Rio Haryanto
Rio Haryanto/Twitter F1
Rio Haryanto/Twitter F1

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam sesi latihan hari ini, pembalap tim Manor, Rio Haryanto, masih berusaha memahami karakteristik ban di Sirkuit Shanghai, China. Sepanjang latihan di sesi pertama dan kedua, Manor mengumpulkan data yang komplet untuk dibaca sebelum balapan.

"Selama 40 menit terakhir telah menghasilkan beberapa data yang baik," ucap Rio dalam sesi tanya-jawab, Jumat, 15 April 2016.

Hal sama diungkapkan rekan setimnya, Pascal Wehrlein, bahwa hal utama yang diperhatikan adalah degradasi ban yang sangat tinggi, terutama di bagian depan sebelah kiri. "Tapi, sejauh ini, mirip dengan di Bahrain, jadi saya cukup positif."

Manor menyiapkan strategi dengan menggunakan beberapa jenis ban untuk balapan di Shanghai kali ini. Rio dan Wehrlein membawa 4 ban medium, 5 ban soft, dan 4 ban supersoft. Dibanding pembalap lain, Rio dan Pascal-lah yang membawa ban supersoft paling sedikit.

Di Sirkuit Shanghai, ban yang disediakan ada tiga, yaitu soft, medium, dan supersoft. Rio belum memutuskan ban apa saja yang akan digunakannya. Menurut dia, karakteristik setiap sirkuit berbeda-beda, sehingga harus dilihat dulu performa ban saat latihan. "Setelah itu, baru bisa ditentukan strategi lombanya seperti apa,” ujar Rio.

Rio berharap, pada balapan berikutnya, ia bisa mempersiapkan segalanya dengan lebih baik dan tidak lagi mengalami kesalahan strategi. Pembalap F1 dari Indonesia itu pun merasa sangat siap memberi performa lebih baik dibanding dua seri sebelumnya.

"Ada begitu banyak yang terbawa dan dipikirkan seusai seri di Bahrain, dan saya yakin kami akan melihat hal yang jauh lebih baik pada mobil dan diri saya di China," tutur Rio. Ia berkeyakinan akan membuat banyak peningkatan di Sirkuit Shanghai. Rio merasa lebih percaya diri dengan mobilnya.

Para peserta Formula 1 telah menjalani rangkaian latihan resmi pada Jumat, 15 April 2016. Babak kualifikasi sedianya akan digelar Sabtu, 16 April 2016. Balapan akan digelar sebanyak 56 putaran di sirkuit sepanjang 5,451 kilometer pada Minggu, 17 April 2016, mulai pukul 14.00 waktu setempat atau 13.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler