Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ajang Triathlon Ironman 70.3 Kembali Digelar di Bintan Oktober 2016

Setelah sukses pada penyelenggaraan tahun 2015 lalu, ajang olahraga 'manusia super' dengan nama Ironman 70.3 akan kembali digelar di Pulau Bintan, Kepulauan Riau pada 28 Agustus mendatang.
Bintan juga pernah menggelar Tour de Bintan/tourdebintan.com
Bintan juga pernah menggelar Tour de Bintan/tourdebintan.com

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah sukses pada penyelenggaraan 2015, ajang olahraga 'manusia super' dengan nama Ironman 70.3 akan kembali digelar di Pulau Bintan, Kepulauan Riau pada 28 Agustus mendatang.

Terpilihnya kembali Bintan sebagai lokasi ajang triathlon Ironman 70.3 oleh Ironman bersama penyelenggara acara Metasport memperkuat posisi Bintan sebagai destinasi sport tourism kelas dunia.

Ina Niscaya, Plh Deputi Bidang Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, mengungkapkan sejumlah even olahraga internasional yang digelar di Bintan pada tahun ini dapat mendongkrak pariwisata great Batam/Bintan.

"Event ini ditargetkan diikuti 1.000 peserta mancanegara dan berpeluang mendatangkan 2.000-3.000 kunjungan wisman," katanya pada saat jumpa pers di FX, Senayan, Kamis (7/4/2016).

Direct impact dari kegiatan ini, selain kunjungan wisman, adalah berupa penambahan devisa. Berdasarkan statistik, rata-rata turis akan membelanjakan US$1.200 per orang per visit.

Selain itu, Ina juga menyebut agenda ini akan memberikan media value yang tinggi. Pasalnya kegiatan ini akan diikuti atlet Ironman 70.3 dunia yang tentunya akan menjadi pemberitaan internasional.

CEO Metasport, Nathalie Marquet, mengatakan Ironman 70.3 Bintan tahun ini akan banyak menjaring peserta yang akan mengikuti Ironman 2016 di Kona, Hawawii, pada pertengahan Oktober 2016.

"Kami melihat minat pesertanya terus bertumbuh. Harapannya 15% atlet dari Indonesia dapat mengikuti kompetisi ini," ujarnya.

Marquet melanjutkan, banyak atlet pemula yang masih belum siap melakukan ketiga tantangan secara utuh. Oleh karena itu mereka mendaftarkan dalam tim estafer yang terdiri dari satu perenang, satu pengendara sepeda dan satu pelari.

Seperti penyelenggaraan tahun lalu, kompetisi Ironman tahun ini akan dipusatkan di Plaza Lagoi yang merupakan pusat pengembangan pariwisata di Teluk Lagoi, kawasan Bintan Resort.

Para atlet Ironman akan memulai dengan berenang sejauh 1,2 mil (1,9 km) di air yang tenang dan jernih, setelah itu dilanjutkan dengan  bersepeda di jalanan Bintan sejauh 90 km dan diakhiri dengan lomba lari sepanjang 21 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ropesta Sitorus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler