Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Catat Waktu Tercepat, Hamilton Raih Posisi "Start" Terdepan GP Bahrain

Juara dunia Formula One tiga kali Lewis Hamilton mencatat rekor lap di sirkuit Bahrain pada Sabtu untuk meraih posisi start terdepan mengungguli rekan setim Mercedes Nico Rosberg untuk balapan yang akan digelar Minggu.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 03 April 2016  |  03:30 WIB
Hamilton saat menyemprot sampanye ke Putin - metro.co.uk
Hamilton saat menyemprot sampanye ke Putin - metro.co.uk

Kabar24.com, MANAMA - Juara dunia Formula One tiga kali Lewis Hamilton mencatat rekor lap di sirkuit Bahrain pada Sabtu (2/4/2016) untuk meraih posisi start terdepan mengungguli rekan setim Mercedes Nico Rosberg untuk balapan yang akan digelar Minggu.

Pebalap Britania Raya itu mencatat waktu terbaik satu putaran, satu menit 29,493 detik, yang merupakan tercepat di lintasan sirkuit Sakhir selama ini.

Pebalap Ferrari Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen berada di posisi ketiga dan keempat untuk balapan kedua musim ini tersebut.

Format kualifikasi baru yang banyak mendapat kritik kembali menjadi sorotan, bahkan meski hasilnya lebih mengesankan dibanding saat dilakukan untuk pertama kalinya pada balapan pembuka musim di Australia dua pekan sebelumnya.

Posisi start terdepan ditentukan dengan beberapa menit waktu cadangan, di mana periode-periode tanpa mobil di trek dan pebalap yang tereliminasi duduk di pitnya masing-masing.

Hamilton sedang memburu gelar ketiganya secara beruntun di Grand Prix Bahrain, sementara Rosberg, yang menang di Melbourne, sedang memburu kemenangan kelimanya secara berutun setelah mengakhiri musim lalu dengan tiga kemenangan beruntun.

"Ibu bukan pelayaran mulus pada akhir pekan terkait kecepatan," komentar Hamilton, yang lebih lambat daripada Rosberg saat latihan dan melakukan kesalahan pada putaran cepat pertamanya di sesi kualifikasi akhir ketika ia melaju melebar.

"Saya secara umum kesulitan untuk meletakkan putaran-putaran bersama-sama dan untungnya putaran yang saya letakkan bersama-sama merupakan yang terakhir. Mobilnya terasa hebat. Mengagumkan untuk berpikir kami lebih cepat dibanding hari-hari saat menggunakan mobil V10. Ini memperlihatkan betapa jauhnya teknologi telah berkembang." Mobil-mobil hibrid turbo V6 mencatatkan waktu lebih cepat daripada tahun lalu sejak sesi latihan Jumat, namun harapan-harapan bahwa Ferrari berpeluang mematahkan genggaman Mercedes tidak dapat diwujudkan.

"Selangkah demi selangkah kami berada di sana. Kami tahu apa yang harus dilakukan, maka kita lihat saja. Ini merupakan balapan yang panjang dan kita lihat saja apa yang terjadi besok," kata Vettel, yang menjadi pebalap tercepat pada sesi akhir pada Sabtu.

Mercedes kini telah mengunci baris terdepan (front row) untuk delapan balapan secara berturut-turut dan memenangi tujuh balapan terakhir.

Ini merupakan posisi terdepan kedua berturut-turut bagi Hamilton namun pemenang di Bahrain yang start dari posisi terdepan hanya lima kali dari 11 balapan yang telah dihelat di sana.

"Putaran saya terasa bagus dan saya yakin saya berada di posisi start terdepan," kata Rosberg, yang melakukan debut Formula 1nya di Bahrain satu dekade silam. "Lewis melakukan putaran yang luar biasa untuk mengungguli saya. Trek ini merupakan tempat di mana posisi-posisi start terdepan tidak terlalu menjadi faktor penentu, maka menurut saya masih ada banyak kesempatan." Pebalap Australia Daniel Ricciardo start dari posisi kelima untuk Red Bull, sedangkan pebalap Williams Valtteri Bottas mengisi posisi keenam di grid, mengungguli rekan setimnya yang berasal dari Brazil Felipe Massa, dan pebalap Force India Nico Hulkenberg.

Romain Grosjean mengamankan posisi start sepuluh besar untuk tim baru Haas yang bermarkas di AS, menduduki posisi kesembilan, setelah mampu finis di urutan keenam di Melbourne.

Di belakangnya, pebalap Belgia Stoffel Vandoorne -- yang mengisi posisi Fernando Alonso yang cedera -- mengungguli rekan setimnya di McLaren Jenson Button pada debutnya di kualifikasi. Pebalap rookie itu akan start di posisi ke-12 dan juara dunia 2009 akan start dari posisi ke-14.

"Saya merasa benar-benar percaya diri pada mobilnya. Menurut saya kami memaksimalkan peluang-peluang kami," kata Vandoorne. "Untuk sedikit mengungguli Jenson merupakan suatu kejutan." Pebalap rookie asal Jerman Pascal Wehrlein juga tampil gemilang di bawah sorotan lampu, menghuni posisi ke-16 untuk tim Manornya dan mengungguli kedua tim Sauber, baik Renault maupun Force India.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lewis hamilton

Sumber : Antara

Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top