Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil India Terbuka: Tommy Sugiarto Menang Susah Payah

Setelah melalui pertarungan sulit, tunggal putra Indonesia Tommy Sugiarto mampu melewati babak pertama turnamen bulu tangkis India Terbuka dengan mengatasi perlawanan pemain Korea Selatan Lee Dong-Keun.
Tommy Sugiarto/Reuters
Tommy Sugiarto/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah melalui pertarungan sulit, tunggal putra Indonesia Tommy Sugiarto mampu melewati babak pertama turnamen bulu tangkis India Terbuka dengan mengatasi perlawanan pemain Korea Selatan Lee Dong-Keun.

Dalam pertandingan yang digelar di Siri Fort Sports Complex di New Delhi, India, pada Rabu (30/3/2016), Tommy memerlukan waktu selma 78 menit untuk menyudahi perlawanan keras Lee dengan angka 21-18 18-21  21-18.

Padahal, putra dari mantan pebulu tangkis Icuk Sugiarto itu sudah empat kali bertemu Lee dengan posisi memimpin 3-1. Dalam pertemuan terakhirnya di Malaysia Masters 2016 lalu pun, Tommy menang meyakinkan dengan skor 21-2  21-17.

“Situasi dan kondisi berbeda dengan di Malaysia. Di Malaysia shuttlecock-nya cukup lambat, sementara di sini lebih cepat dan ditambah angin juga yang cukup menyulitkan. Tapi saya mencoba menetralkan semuanya,” kata Tommy selepas pertandingan.

Game pertama dimulai, Tommy berhasil merebut kemenangannya meskipun perolehan angkanya tidak terlalu mendominasi. Masuk ke game berikutnya, Tommy dan Lee sempat beradu poin dengan ketat. Namun di posisi 7-7, Tommy malah tertahan dan ditinggal lawan dengan 8-11, 11-16 hingga kalah 18-21.

“Game kedua setelah posisi 7-7 saya sempat blank dan langsung ketinggalan cukup jauh. Saat mau mengejar, juga sulit. Jadi saya lebih mempersiapkan diri untuk main di game ketiga, tapi tetap bermain sebaik mungkin,” tambah Tommy sebagaimana dilansir website resmi Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Pada game penentu, langkah Tommy pun tak bisa dibilang mulus begitu saja untuk menang. Dia malah tertinggal jauh 3-9 dan 7-13. Meski begitu, Tommy tak langsung menyerah. Dia mendekati poin Lee satu demi satu hingga menyamakan kedudukan menjadi 16-16 dan berbalik unggul hingga menang 21-18.

Babak dua, Tommy masih menunggu lawan yang memenangi pertandingan antara Tanongsak Saensomboonsuk dari Thailand dan Prannoy Haseena Sunil Kumar dari India.

Dengan demikian dua tunggal putra berhasil aman di ke babak dua. Sebelumnya, Sony Dwi Kuncoro juga lolos ke babak dua setelah menaklukkan Sai Praneeth Bhamidipati dari India. Sony menang 22-20 dan 21-13 dalam waktu 44 menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : BadmintonIndonesia.org
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler