Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kasus Doping Marak, Menteri Olahraga Rusia Siap Mundur

Menteri Olahraga Rusia Vitaly Mutko mengatakan siap mengundurkan diri setelah kasus doping di negara tersebut meluas ke cabang gulat dan semakin banyak atlet yang terancam tidak bisa berjuang di Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil.
Menteri Olahraga Rusia Vitaly Mutko/Reuters
Menteri Olahraga Rusia Vitaly Mutko/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Olahraga Rusia Vitaly Mutko mengatakan siap mengundurkan diri setelah kasus doping di negara tersebut meluas ke cabang gulat dan semakin banyak atlet yang terancam tidak bisa berjuang di Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil.

Atlet-atlet gulat Rusia menyusul atlet atletik yang dicoret untuk Olimpiade Agustus mendatang, setelah Federasi Gulat Rusia (WFR) menemukan praktik doping yang meluas, kata ketua WFR Mikhail Mamiashvili.

Kasus tersebut terungkap sehari setelah hasil tes dari empat atlet atletik Rusia menunjukkan positif menggunakan meldonium.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Mutko akan tetap pada jabatannya meski ada skandal doping itu. Namun Mutko mengaku siap mundur jika diminta.

"Negara ini punya kepemimpinan yang menetapkan keputusan. Saat saya melihat masalah ini karena saya, saya akan mundur," kata Mutko seperti dikutip kantor berita R-Sport.

Olahraga Rusia dilanda masalah tahun lalu ketika Badan Antidoping Dunia (WADA) menyatakan ada kasus korupsi dan kecurangan yang endemik pada cabang atletik negara tersebut.

Atlet Rusia bakal dilarang ikut kompetisi internasional, termasuk Olimpiade, jika negara itu tidak berusaha melepaskan diri dari sanksi itu. Sejak itu Rusia menunjukkan keseriusannya untuk memenuhi standar antidoping internasional. Sementara, 18 atlet diumumkan mengkonsumsi obat terlarang meldonium.

Mamiashvili mengatakan dua pegulat putra yakni peraih perak kejuaraan dunia 2014 Evgeny Saleev dan peraih perak kejuaraan dunia 2015 Sergei Semenov terbukti menggunakan meldonium. Namun dia mengungkapkan lebih banyak masalah doping di olahraga.

"Ada puluhan hasil tes yang positif, setiap orang secara psikologis dalam kondisi buruk," katanya.

Ketua Persatuan Olahraga Gulat se-Dunia (UWW) Nenad Lalovic terkejut dengan kasus di Rusia dan meminta federasi setempat meningkatkan pemeriksaan atletnya. "Sebelumnya di kejuaraan dunia tidak pernah ada atlet Rusia yang positif doping,” kata pebisnis berkebangsaan Serbia itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler