Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rio Haryanto Tetap Tersenyum Meski Sampai Putaran ke-19

Malang tak bisa ditolak, begitu kata pepatah. Itu yang dialami pembalap Formula 1 asal Indonesia Rio Haryanto. Pembalap berusia 23 tahun ini tak bisa melanjutkan balapan setelah putaran ke-19.
Rio Haryanto/Reuters-Jason Reed
Rio Haryanto/Reuters-Jason Reed

Kabar24.com, MELBOURNE - Malang tak bisa ditolak, begitu kata pepatah. Itu yang dialami pembalap Formula 1 asal Indonesia Rio Haryanto. Pembalap berusia 23 tahun ini tak bisa melanjutkan balapan setelah putaran ke-19.

Gara-garanya mobilnya rusak. Dalam penjelasan resmi Manor Racing, mobil Rio mengalami kerusakan di driveline, sehingga tak bisa di-start.

"Kami sangat sedih, terpaksa mengistirahatkan Rio Haryanto, karena kerusakan di driveline," begitu penjelasan Manor Racing dalam akun Twitternya. "Rio telah memiliki debut yang bagus, kami sangat menyesal untuk hal ini."

Kepada wartawan TV, Rio menyatakan, "menyesal tak bisa merampungkan balapan. Namun, dia sangat menikmati debut pertamanya di Formula 1."

Rio sendiri tampak tenang dan tetap tersenyum dengan musibah itu.

 "Still smiling. Good man. A lot of positives to take away from the rest of the weekend. Back fighting in Bahrain."

Rangkaian Grand Prix Formula 1 akhirnya dimulai di Sirkuit Melbourne, Australia, Ahad, 20 Maret 2016. Dari 22 pembalap yang beradu dalam 57 lap putaran (Lap), Sebastian Vettel yang membela Ferrari melaju ke posisi terdepan dan menguasai menit pertama balapan.

Posisi terdepan start sebelumnya dipegang pembalap Mercedes asal Britania Raya, Lewis Hamilton yang mencatat waktu terbaik 1 menit 25,624 detik di sesi latihan ketiga kualifikasi Melbourne itu. Vettel berada di posisi 3 saat pertandingan dimulai, setelah mencatat waktu 1 menit 25,852 detik di latihan terakhir Sabtu kemarin.

Pembalap Indonesia, Rio Haryanto yang sempat terkena pinalti dan berada di posisi bontot saat start, melaju ke posisi 19 di 10 Lap pertama. Kemarin, Rio menabrak mobil milik pembalap tim Haas, Romain Grosjean, saat keluar dari garasi. Hal itu berbuah pada pinalti turun 3 posisi start yang diberikan Pengawas lomba Federasi Automobil Internasional (FIA). Rio juga mendapat pinalti 2 poin karena dianggap melanggar aturan 31.5

Pertandingan berlangsung di Sirkuit Grand Prix Melbourne, atau dikenal sebagai Albert Park. Panjangnya 5,303 kilometer, dengan 10 tikungan kanan dan 6 tikungan kiri.

Kualifikasi Formula 1 musim ini menggunakan sistem eliminasi. Kualifikasi tersebut berlangsung dalam 3 segmen dengan durasi berbeda. Kualifikasi pertama akan selama 16 menit. Di tujuh menit pertama, pembalap terlambat akan tereliminasi. Setiap 90 detik pembalap terpelan akan tereliminasi hingga tersisa 15 mobil.

Durasi kualifikasi kedua adalah 15 menit. Pembalap mulai dieliminasi di enam menit pertama, hingga tersisa 8 pembalap untuk kualifikasi ketiga. Kualifikasi ketiga berlangsung dalam durasi 14 menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler