Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kualifikasi Sepak Bola PON Akhirnya Digelar

Setelah sempat tak menentu lantaran kekisruhan sepak bola nasional yang dipicu pembekuan PSSI, akhirnya kualifikasi cabang sepak bola PON 2016 segera diselenggarakan.
Pin PON 2016 Jawa Barat/Antara-Agus Bebeng
Pin PON 2016 Jawa Barat/Antara-Agus Bebeng

Bisnis.com, BANDUNG - Setelah sempat tak menentu lantaran kekisruhan sepak bola nasional yang dipicu pembekuan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia oleh Kemenpora, akhirnya babak kualifikasi cabang sepak bola Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 segera diselenggarakan.

Menpora Imam Nahrawi akan membuka babak kualifikasi tersebut di Stadion Wibawa Mukti yang berlokasi di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pada Minggu (20/3/2016).

Sekretaris Umum PB PON XIX/2016 Jabar Ahmad Hadadi menjelaskan bahwa Asosiasi Provinsi (Asprov) Jawa Barat menjadi tuan rumah sekaligus penyelenggara babak kualifikasi yang digelar di empat kota yakni Bandung, Bekasi, Bogor, dan Kuningan.

Dia menyebutkan 22 kesebelasan kontingen yang akan mengikuti babak kualifikasi telah hadir. PB PON XIX/2016 Jabar secara khusus melakukan jamuan makan malam yang digelar di Hotel Harris Kota Bandung pada Kamis malam (17/3/2016).

"Semuanya sudah hadir dan siap untuk mengikuti babak kualifikasi dalam satu bingkai semangat persatuan dan sportivitas. Mereka komitmen untuk mensukseskan PON XIX/2016 melalui babak kualifikasi itu," kata Hadadi di Bandung pada Jumat (18/3/2016).

Selain itu, penyelenggaraan pertandingan grup A wilayah Jawa Barat yang sedianya digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) disepakati menggunakan Stadion Arcamanik Kota Bandung.

Babak kualifikasi itu akan memperebutkan tujuh tiket ke babak utama PON XIX/2016 yang akan di gelar di Jabar. Tiga tim wilayah Sumatra yakni Bangka Belitung, Sumatra Utara, dan Sumatra Selatan telah lebih dulu lolos ke babak utama karena sudah tuntas menggelar babak kualifikasi pada 2015.

Sedangkan dua slot lainnya di babak utama adalah untuk juara cabang sepak bola PON XVIII/2012 yakni Kalimantan Timur serta satu lainnya jatah tuan rumah PON Jawa Barat. Babak utama nanti diikuti 12 tim.

Sementara itu babak kualifikasi PON di Jawa Barat digelar dalam enam grup yakni Grup A wilayah Jawa di Stadion Sepak Bola Arcamanik Kota Bandung diikuti Banten, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Jateng, dan Jatim.

Grup B Nusa Tenggara di Stadion Masud Wirasaputra Kuningan diikuti NTB, Bali dan NTT, kemudian Grup C Kalimantan di Stadion Pakansari Cibinong Bogor diikuti Kalimantan Utara, Kalteng, Kalsel, dan Kalbar. Grup D Sulawesi di Stadion Siliwangi Bandung diikuti Sulawesi Tenggara, Sulsel dan Gorontalo.

Selain itu Grup F di Stadion Wibawa Mukti diikuti Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Cabang olahraga sepak bola merupakan cabang olahraga terakhir yang akan menyelesaikan babak kualifikasi PON XIX/2016.

Cabang itu pula yang pada PON XIX/2016 akan dipertandingkan lebih awal dibandingkan dengan cabang-cabang olahraga lainnya karena membutuhkan waktu yang lama untuk babak penyisihan hingga babak final.

"Berbeda dengan cabang lainnya, satu tim sepak bola tidak bisa bertanding tiga hari beturut-turut, harus ada recovery, sehingga butuh waktu lama," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler