Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Davis Cup: Australia Kalah, Tomic Berang pada Kyrgios

Petenis Australia Bernard Tomic mempertanyakan penarikan diri rekan satu timnya Nick Kyrgios dari tim Piala Davis Negeri Kangguru melawan Amerika Serikat di Melbourne selepas tim tuan rumah kalah pada putaran pertama.
Nick Kyrgios (kanan) dan Bernard Tomic/Express.co.uk
Nick Kyrgios (kanan) dan Bernard Tomic/Express.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA - Petenis Australia Bernard Tomic mempertanyakan penarikan diri rekan satu timnya Nick Kyrgios dari tim Piala Davis Negeri Kangguru melawan Amerika Serikat di Melbourne selepas tim tuan rumah kalah dari tim tamu pada putaran pertama.

Petenis berbakat Kyrgios menarik diri dari laga Piala Davis sebelum pertandingan partai tunggal pertama yang berlangsung Jumat (4/3). Petenis peringkat 77 dunia Sam Groth menggantikan Kyrgios untuk menghadapai petenis AS peringkat 11 dunia John Isner di Klub Tenis Kooyong.

Gorth dikalahkan dengan mudah oleh petenis AS yang punya pukulan servis kuat itu. Isner menang atas Groth dengan skor 7-6(2), 6-2, 6-2.

Isner pun menghajar petenis Tomic yang menempati peringkat 20 dunia pada pertandingan Minggu dengan skor 6-4, 6-4, 5-7, 7-6(4).

Kemenangan Isner itu menempatkan tim AS dalam putaran perempat final Piala Davis Grup Dunia karena mengalahkan tim Australia 3-1. Itu pencapaian pertama kali tim AS dalam 3 tahun terakhir.

Pada pergantian lapangan menjelang akhir pertandingan melawan Isner, Tomic mengambil mikorofon di tepi lapangan untuk menyurakan keluhan kepada kapten tim Lleyton Hewitt.

"Nick masih duduk-duduk di Canberra. Bohong jika dia sakit," kata petenis berusia 23 tahun itu bahwa Kyrgios mengalami cedera palsu dua kali hanya untuk menghindari pertandingan Piala Davis.

Pada 2015, Kyrgios juga melewatkan pertandingan putaran pertama saat Australia menghadapi Republik Ceska. Kyrgios beralasan cedera tulang punggung. Tapi, dia kembali ke lapangan pada turnamen Indian Wells 2 pekan kemudian.

Tomic menyebut Kyrgios masuk dalam daftar pemain yang akan bertanding pada turnamen Indian Wells 2016. Tomic mengatakan kepada para wartawan rekan satu timnya akan kehilangan harga diri jika benar-benar bertanding dalam turnamen itu.

"Dia tidak datang ke Ceska dan mengaku cedera tulang. Tapi, entah bagaimana dia bermain dalam Indian Wells dan baik-baik saja," kata Tomic dalam jumpa pers selepas pertandingan.

Tomic mengaku bermain dalam Piala Davis 2016 meskipun sedang mengalami cedera pergelangan tangan. Dia mengklaim tetap mengikuti pertandingan meskipun harus menahan rasa sakit.

"Jika ini bukan turnamen Piala Davis 2016, saya tidak akan tampil dan tidak bermain sambil menahan rasa sakit sebagaimana saya memainkannya," kata Tomic.

Sebelumnya, Tomic tercatat dikeluarkan dari tim Australia pada 2015 karena telah mengkritik ofisial tenis Australia dalam Wimbledon. Keputusan untuk mengeluarkan Tomic itu merupakan keputusan kedua dalam karir Tomic.

Sang kapten tim Hewitt justru membela penarikan diri Kyrgios sebelum pertandingan melawan tim AS. Hewitt pun kembali mengulang pernyataannya pada Minggu dan menekankan dia tidak berhak untuk menjawab pertanyaan seputar Kyrgios.

"Nick telah datang ke sini dan memberi semuanya yang dia punya untuk mencoba tetap bertanding. Tidak ada keraguan bahwa dia sakit," kata Hewitt.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler