Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

F1: Dana Miliaran untuk Rio Terus Dicari, Kemenpora Lobi Garuda

Kemenpora terus mencari dukungan dana untuk Rio Haryanto yang sudah dipastikan turun di F1, salah satunya dengan melobi BUMN Garuda Indonesia.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 03 Maret 2016  |  21:01 WIB
F1: Dana Miliaran untuk Rio Terus Dicari, Kemenpora Lobi Garuda
Rio Haryanto - Reuters/Darren Whiteside
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terus mencari dukungan dana untuk pebalap Indonesia Rio Haryanto yang sudah dipastikan turun di Formula 1 dan salah satunya dengan melobi BUMN Garuda Indonesia.

"Memang benar. Pak Imam Nahrawi (Menpora) telah berkomunikasi dengan pihak Garuda terkait dengan dukungan dana untuk Rio. Secara lisan sudah dilakukan dan tinggal pengajuan secara resmi," kata Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto di Kantor Kemenpora di  Jakarta pada Kamis (3/3/2016).

Menurut dia, surat pengajuan permintaan dana dukungan terhadap Rio sudah disiapkan, bahkan sudah ditandatangani Imam. Pihaknya menilai langkah yang dilakukan adalah sebuah usaha untuk memberi dukungan penuh kepada atlet berprestasi Indonesia. "Surat sudah ditandatangani sore tadi. Tinggal dikirim dan menunggu jawaban. Semoga segera ada titik terang."

Untuk bisa tampil di Formula 1 bersama dengan tim Manor Racing, Rio harus mengeluarkan dana hingga mencapai 15 juta euro. Hanya saja, saat ini baru dibayar sekitar 5,25 juta euro yang terbagi dari 3 juta dan uang pribadi dan 2,25 juta euro dari Pertamina.

Khusus dari Pertamina, masih ada sisa dana bantuan yang belum dibayarkan yaitu sekitar 3 juta euro. Dengan demikian, dana kekurangan yang harus segera dipenuhi oleh pebalap asal Solo, Jawa Tengah, itu sekitar 6,75 juta euro.

Gatot mengakui dana yang dibutuhkan masih besar. Untuk itu Kemenpora akan terus melakukan komunikasi dengan BUMN dan perusahaan swasta. Bahkan, penggalangan dana ini dipimpin langsung Menpora.

"Setelah Garuda, Pak Menpora akan mengunjungi beberapa instansi termasuk Kementerian Pariwisata. Untuk swasta sebenarnya sudah ada yang berminat, tapi belum deal," kata mantan Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora itu.

Gatot menegaskan khusus untuk lobi ke Kementerian Pariwisata, Menpora sudah berbicara dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Bahkan, sudah menginstruksikan kepada Gatot untuk menindaklanjuti pembicaraan kedua menteri ke tingkat kedeputian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

f1 menpora kemenpora rio haryanto Manor Racing

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

back to top To top