Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indonesia Resmi Tuan Rumah Paragames 2018

Indonesia resmi ditetapkan menjadi tuan rumah Asian Paragames 2018.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 29 Februari 2016  |  20:28 WIB
Indonesia Resmi Tuan Rumah Paragames 2018
Atlet Paragames Indonesia - Antara/Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia resmi ditetapkan menjadi tuan rumah Asian Paragames 2018 setelah dilakukan penandatangan Host City Contract (HCC) antara pemerintah Indonesia dalam hal ini Kemenpora dengan Asian Paralympic Committe (APC) di Kantor Kemenpora Jakarta pada Senin (29/2/2016).

Penandatangan HCC itu dilakukan oleh Sesmenpora Alfitra Salamm dengan Presiden APC Majid Rashed. Hadir dalam kegiatan tersebut Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora Faisal Abdullah serta dari pengurus APC.

"Kami datang ke sini karena kami cinta Indonesia. Untuk masalah Asian Paragames semuanya sudah tertuang pada nota kerjasama yang baru saja kami tandatangani," kata Presiden APC Majid Rashed selepas penandatangan kerja sama tersebut.

Menurut dia, dalam nota kerjasama ini juga dicantum beberapa hak dan kewajiban termasuk arahan-arahan yang harus dilakukan oleh Indonesia selaku tuan rumah kejuaraan satu paket dengan pelaksanaan Asian Games 2018 yang juga akan digelar di Indonesia.

Ada beberapa hal yang harus dipenuhi baik yang secara langsung berkaitan dengan APC maupun tidak. Untuk secara langsung terkait penyelenggara termasuk masalah kualifikasi. Sedangkan yang tidak langsung misalnya Imigrasi hingga keamanan. Semuanya akan ada petunjuk pelaksanaannya.

"Saya berterima kasih atas penandatanganan HCC yang menetapkan Indonesia sebagai tuan rumah. Targetnya hanya satu yaitu memberikan kesempatan kepada atlet paralimpic Asia untuk berkompetisi dan berpretasi," kata lelaki berkebangsaan Uni Emirat Arab itu.

Setelah penandatanganan HCC, langsung dilakukan koordinasi dengan pihak terkait mulai Kementerian Luar Negeri, Imigrasi, Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial, Kementerian Perhubungan, Kemeninfo, Kepolisian, KONI/KOI hingga Satlak Prima.

Sementara itu Deputi Bidang Pembudayaan Kemenpora, Faisal Abdullah mengatakan sesuai dengan rencana Asian Paragames 2018 akan dipusatkan di Jakarta. Hanya saja, pihak panitia lokal tetap menyiapkan lokasi alternatif yaitu Palembang dan Bandung.

"Untuk lokasi pertandingan akan menggunakan bekas Asian Games 2018. Namun semuanya harus disesuaikan dengan kebutuhan. Yang jelas, semua persiapan mulai kami lakukan," katanya.

Menurut dia, Asian Paragames 2018 akan diikuti 45 negara dengan 17 cabang olahraga yang dipertandingkan. Adapun waktu pelaksanaannya antara 8-18 Oktober 2018. Sebelum pertandingan resmi akan dilakukan pertandingan kualifikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Asean Paragames

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top