Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Kemenpora Minta Pemprov DKI Serius Garap Persiapan Asian Games 2018

Kemenpora Minta Pemprov DKI Serius Garap Persiapan Asian Games 2018
Newswire
Newswire - Bisnis.com 12 Januari 2016  |  02:30 WIB
Kemenpora Minta Pemprov DKI Serius Garap Persiapan Asian Games 2018
Drawa, Maskot Asian Games 2018 - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menuntut Pemerintah Provinsi DKI Jakarta serius dalam menyiapkan Asian Games 2018 karena kapasitas tanggung jawabnya sudah berkurang setelah beberapa tugas diambilalih oleh pihak lain.

"Untuk renovasi GBK (Gelora Bung Karno) dan Wisma Atlet, telah dilimpahkan ke Kementerian Pekerjaan Umum. Jadi, tugas DKI sudah tidak banyak. Makanya, kami berharap DKI menunjukkan gengsinya," kata Kepala Komunikasi Publik Kemenpora Gatot S. Dewa Broto di Kantor Kemenpora, Jakarta, Senin.

Ia mengatakan bahwa DKI Jakarta merupakan kota utama penyelenggaraan Asian Games 2018. Namun, sebagai kota utama belum terlihat persiapan untuk menghadapi kejuaraan empat tahunan itu. Padahal, kota lain seperti Palembang telah bergerak cepat bahkan sebagian hampir rampung.

Wilayah yang dipimpin Gubernur Basuki Tjahaja Purnama itu sebelumnya mendapatkan tugas untuk merenovasi GBK, pembangunan Wisma Atlet hingga pembangunan Velodrome, dan lintasan equestrian. Namun, tugasnya dipotong karena terkendala waktu dan perizinan.

Saat ini, DKI Jakarta tinggal bertugas membangun velodrome dan lintasan equestrian. Tugas ini belum dijalankan sesuai dengan program. Bahkan, pihak DKI Jakarta belum terlihat akan membangunan kedua fasilitas tersebut dalam waktu singkat.

"Kami tidak mau hal tersebut akan mempersulit laporan ke OCA (Dewan Olimpiade Asia). Apalagi, akan ada perwakilan OCA yang akan menetap di Indonesia untuk mengontrol semua persiapan. Terus terang kami prihatin dengan kondisi ini," katanya.

Pria yang juga Deputi Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora itu menjelaskan bahwa pihaknya akan terus mengontrol progres persiapan yang dilakukan oleh DKI Jakarta. Bahkan, pihaknya belum memikirkan opsi lain jika pembangunan fasilitas itu belum segera dilaksanakan.

"Pak Ahok (panggilan Gubernur DKI) juga ikut menandatangani kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Makanya, saat ini kami menunggu realisasi programnya," kata Gatot.

Sementara itu, untuk pembangunan Wisma Atlet di kawasan Kemayoran langsung akan direalisasikan setelah diambilalih Kementerian Pekerjaan Umum. Bahkan, sesuai dengan jadwal undangan lelang untuk pembangunan wisma mulai dipublikasikan.

Untuk Palembang, kata Gatot, sejauh ini persiapan berjalan dengan baik. Bahkan, Wisma Atlet sudah bertambah jumlahnya. Begitu pula dengan renovasi yang menggunakan dana APBN, semuanya juga sudah berjalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenpora

Sumber : Antara

Editor : Andhika Anggoro Wening
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

back to top To top