Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Belasan Ribu Pelari akan Meriahkan Borobudur International 10K

Belasan ribu pelari dalam dan luar negeri akan berkompetisi dalam Borobudur International 10K dan Half Marathon 2015 pada 15 November 2015.
Olahraga lari/nytimes.com
Olahraga lari/nytimes.com

Bisnis.com, JAKARTA - Belasan ribu pelari dalam dan luar negeri akan berkompetisi dalam Borobudur International 10K dan Half Marathon 2015 pada 15 November 2015.

Berlokasi di Taman Lumbini, Kompleks Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, lomba tersebut dibagi dalam beberapa kategori, antara lain 10 K terdiri dari elite internasional, elite nasional, TNI/Polri, umum, dan pelajar.

Sementara itu, nomor half marathon 21 km, peserta dikategorikan menjadi elite internasional, elite nasional dan umum, seperti yang dikutip dari Wonderful Indonesia, Selasa (2/11/2015).

Lomba lari kategori nomor half marathon dalam kegiatan ini merupakan yang pertama kalinya di Indonesia. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah saat ini sedang berupaya untuk mendapatkan sertifikasi nomor full marathon dari International Association of Athletics Federations (IAAF).

Borobudur International 10K dan Half Marathon 2015 dirangkai dengan beberapa acara lainnya, seperti Pemilihan Mas dan Mbak Jawa Tengah pada 13 November di Gedung Tri Bakti Magelang, Tour de Borobudur pada 14 November dengan garis start di Mako Brimob Srondol Semarang dan finish di Pelataran Candi Borobudur, serta Borobudur Jazz Festival pada 14 November di Taman Lumbini Candi Borobudur.

Penyelenggaraan Borobudur International 10K dan Half Marathon 2015 merupakan batu lompatan Borobudur Marathon 2016. Kompetisi ini diselenggarakan sebagai ajang kompetisi para atlet lari tingkat nasional dan internasional yang pertama kali diselenggarakan pada 1990 dengan nama Bob Hasan 10K.

Pendaftaran peserta telah dibuka sejak 1 Oktober melalui sistem offline maupun online. Hingga hari ini tercatat ada 11.325 pelari yang sudah mendaftarkan diri untuk nomor 10 K dengan total hadiah yang diperebutkan adalah Rp16 miliar. Untuk pendaftaran silahkan kunjungi website www.borobudur10k.co.id

Candi Borobudur  merupakan monumen Budha terbesar di dunia. Dibangun pada masa Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra pada tahun 824. Candi Borobudur dibangun 300 tahun sebelum Angkor Wat di Kamboja dan 400 tahun sebelum katedral-katedral agung di Eropa.

UNESCO mengakui sekaligus memuji Candi Borobudur sebagai salah satu monumen Budha terbesar di dunia. Di candi itu terdapat 2.672 panel relief yang apabila disusun berjajar maka panjangnya mencapai 6 km. Ansambel reliefnya merupakan yang paling lengkap di dunia dan tak tertandingi nilai seninya serta setiap adegannya adalah mahakarya yang utuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler