Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HASIL TENIS US OPEN: Kalahkan Petkovic, Konta Berburu Sejarah

Petenis kualifikasi Johanna Konta menjadi pemain putri asal Inggris pertama dalam 24 tahun yang mencapai putaran keempat AS Terbuka (US Open) setelah mengalahkan unggulan ke-18 asal Jerman Andrea Petkovic di New York, AS, pada Minggu dini hari WIB (6/9/2015).
Reaksi Johanna Konta setelah mengalahkan Andrea Petkovic/Reuters-Mike Segar
Reaksi Johanna Konta setelah mengalahkan Andrea Petkovic/Reuters-Mike Segar

Bisnis.com, JAKARTA - Petenis kualifikasi Johanna Konta menjadi pemain putri asal Inggris pertama dalam 24 tahun yang mencapai putaran keempat AS Terbuka (US Open) setelah mengalahkan unggulan ke-18 asal Jerman Andrea Petkovic di New York, AS, pada Minggu dini hari WIB (6/9/2015).

Konta, berdarah Hongaria tetapi kelahiran Sydney, Australia, dan menjadi warga negara Inggris 3 tahun lalu, menang 7-6 (7/2) 6-3 atas lawannya yang berdarah Serbia-Bosnia untuk mengunci tiket 16 besar melawan unggulan kelima Petra Kevitova (Republik Ceska), yang mengatasi petenis Slovakia Anna Karolina Schmiedlova 6-2 6-1.

Setelah bermain hampir selama 2 jam, Konta yang menghuni peringkat ke-97 dunia mencapai putaran keempat untuk pertama kalinya di Grand Slam apapun.

Ini kemenangan ke-16 kalinya secara beruntun, meski sebagian di antaranya dimainkan di ajang-ajang level sub-WTA dan tiga kemenangan didapat di kualifikasi AS Terbuka. "Saya gembira dapat memenanginya. Ini benar-benar sulit," kata Konta.

Belum pernah terjadi sejak Jo Durie pada 1991 di mana petenis putri Britania Raya mencapai 16 besar AS Terbuka, dan belum pernah terjadi sejak Durie melaju ke semifinal pada 1983 di mana petenis putri Britania Raya melaju lebih jauh di lapangan-lapangan permukaan keras di New York.

Juga belum pernah ada petenis putri Britania Raya yang mencapai final AS Terbuka sejak Virginia Wade mengalahkan Billie Jean King pada final 1968. Kini Konta hanya kurang satu kemenangan lagi untuk dapat mengukir pencapaian terbaik.

Dengan kesuksesan berikutnya, dia akan menyamai laju Barbara Gerken asal AS sebagai torehan sejarah terbaik dalam AS Terbuka, yang dilakukan oleh petenis kualifikasi.

Konta mendominasi pada tiebreak set pertama dan unggul 3-0 pada set kedua sebelum Petkovic memerlukan medical timeout untuk melakukan pendinginan dan mendapat perawatan akibat panas yang menyengat.

Petkovic yang bangkit menemukan momentum dalam game ketujuh yang berlangsung sepuluh menit, menggagalkan tiga match point dan mematahkan serve lawannya pada kesempatan kelima untuk mengubah skor menjadi 5-2.

Konta menyia-nyiakan match point keempat dan kelimanya saat ia melakukan serve pada game kesembilan, sebelum memastikan melaju melalui kesempatan keenamnya ketika pukulan forehand Petkovic terlalu panjang.

"Bahkan jika ia merasa tidak berada dalam kemampuan terbaiknya, ia merupakan salah satu kompetitor terbaik pada tur. Ia tidak memberikannya kepada saya seperti yang dapat Anda katakan pada tiga game terakhir," kata Konta perihal Petkovic.

Konta, yang ayahnya pemilik hotel dan ibunya dokter gigi, kini memiliki rekor 4-3 sepanjang masa atas lawan-lawannya yang menghuni 20 besar dunia, termasuk kemenangan atas petenis peringkat delapan asal Rusia Ekaterina Makarova saat dia melaju ke perempat final Eastbourne.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/AFP
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler