Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SEA GAMES 2015: Sampai Bertemu di Malaysia 2017, Indonesia Raih Prestasi Buruk

Panitia penyelenggara SEA Games 2015 Singapura resmi menutup pesta olahraga Asia Tenggara ke-28 itu di Stadion Nasional Singapura, Selasa malam (16/6/2015).
Pebulu tangkis Indonesia, Ricky Karandasuwardi (kanan) dan Angga Pratama meluapkan kegembiraannya setelah berhasil menang melawan pebulutangkis Indonesia Marcus Fernldi Gideon-Kevin Sanjaya Sukamuljo pada pertandingan Final Bulutangkis Ganda Putra Sea Games ke-28 di Stadion Nasional Singapura, Selasa (16/6)./Antara-Nyoman Budhiana
Pebulu tangkis Indonesia, Ricky Karandasuwardi (kanan) dan Angga Pratama meluapkan kegembiraannya setelah berhasil menang melawan pebulutangkis Indonesia Marcus Fernldi Gideon-Kevin Sanjaya Sukamuljo pada pertandingan Final Bulutangkis Ganda Putra Sea Games ke-28 di Stadion Nasional Singapura, Selasa (16/6)./Antara-Nyoman Budhiana

Bisnis.com, JAKARTA -  Panitia penyelenggara SEA Games 2015 Singapura resmi menutup pesta olahraga Asia Tenggara ke-28 itu di Stadion Nasional Singapura, Selasa malam (16/6/2015).

"Saya menyatakan SEA Games 2015 ditutup. Saya mempersembahkan SEA Games berikutnya, dua tahun dari sekarang di Malaysia. Malaysia sebagai tuan rumah SEA Games ke-29," kata Presiden Republik Singapura Tony Tan Keng Yam dalam penutupan di Stadion Singapura.

 

Pada pegelaran pesta olahraga dua tahunan  kontingen Indonesia hanya mampu membawa pulang 47 keping medali emas, 61 perak dan 74 perunggu dan berada diposisi kelima.  Adapun posisi tertinggi atau sebagai juara umum adalah Thailand.

 

1. Thailand          95   83   69

2. Singapura       84   73  102

3. Vietnam          73    53   60

4. Malaysia          62   58   66

5. INDONESIA    47   61   74

6. Filipina             29  36   66

7. Myanmar         12   26   31

8. Kamboja         1     5      9

9. Laos                 0   4     25

10. Brunei            0   1      6

11. Timor Leste   0  1      1 

 

 

Sang juara bertahan itu mampu membukukan raihan medali  95 emas, 83 perak dan 69 perunggu. Percapaian Indonesia itu lebih diburuk dibanding  SEA Games 2013 yang finis keempat dengan 65 emas, 84 perak dan 84 perunggu.

 

Penutupan itu diikuti dengan penyerahan tropi olimpiade oleh Wakil Presiden Dewan Olimpiade Nasional Singapura dan Ketua Yayasan Olimpiade Singapura Ng Ser Miang kepada Ketua Panitia SEA Games 2015 Singapura Lawrence Wong dan Presiden Dewan Olimpiade Nasional Singapura Tan Chuan-Jin.

Penyerahan tropi itu merupakan lambang ucapan terimakasih dari Komite Olimpiade Interasional kepada Singapura yang telah menyelenggarakan SEA Games ke-28.

Pantia penyelenggara SEA Games 2015 Singapura juga memberikan ucapan terimakasih dan penghargaan kepada lebih dari 17 ribu sukarelawan yang telah membantu penyelenggaraan dengan simbol pemberian seikat bunga.

Selepas pemadaman obor yang melambangkan berakhirnya SEA Games 2015, Tan Chuan-Jin menyerahkan bendera olimpiade kepada Presiden Dewan Olimpiade Malaysia Pangeran Imran dan Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Khairy Jamaluddin sebagai Ketua Panitia Penyelenggara SEA Games ke-29.

Tan Chuan-Jin, dalam sambutannya, mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta SEA Games ke-28 dari 11 negara Asia Tenggara.

"Mari kita teruskan semangat persahabatan ini sebagai satu wilayah. Kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak untuk pengalaman yang mengagumkan dan sampai bertemu di Malaysia pada 2017," kata Chuan-Jin.

Malaysia sebagai tuan rumah SEA Games 2017 memberikan pertunjukan tari dan lagu kepada seluruh penonton di Stadion Nasional Singapura.

SEA Games ke-28 di Singapura mempertandingan 36 cabang olahraga yaitu anggar, atletik, bulu tangkis, balap sepeda, berkuda, billiard dan snooker, bola basket, bola boling, bola voli, dayung, floorball, golf, hoki, judo, loncat indah, netball, menembak, dan panahan.

Kemudian, pencak silat, petanque, polo air, renang, renang indah, rugby, perahu kano, pperahu layar, perahu naga, senam, sepak bola, sepak takraw, ski air dan wakeboard, sofbol, squash, taekwondo, tenis, tenis meja, tinju, triathlon, dan wushu.

Sebelas kontingen yang mengikuti SEA Games 2015 yaitu kontingen Brune Darussalam, kontingen Filipina, kontingen Indonesia, kontingen Kamboja, kontingen Malaysia, kontingen Myanmar, kontingen Laos, kontingen Singapura, kontingen Thailand, kontingen Timor-Leste, dan kontingen Vietnam.

Kontingen Indonesia menempati peringkat kelima dalam perolehan medali SEA Games 2015 dengan 47 medali emas, 61 medali perak, dan 74 medali perunggu.

Peringkat Indonesia itu berada di bawah kontingen Thailand (95 emas, 83 perak, 69 perunggu), kontingen Singapura (84 emas, 73 perak, 102 perunggu), dan kontingen Vietnam (73 emas, 53 perak, 60 perunggu).

Peringkat Indonesia dalam SEA Games ke-28 itu bahkan berada di bawah kontingen Malaysia yang menempati peringkat keempat dengan 62 medali emas, 58 medali perak, dan 66 medali perunggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA/seagames.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler