Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Andy Murray/Reuters-Carlos Barria
Andy Murray/Reuters-Carlos Barria

Bisnis.com, MELBOURNE - Petenis Skotlandia Andy Murray menaklukkan petenis muda tuan rumah Nick Kyrgios 6-3, 7-6 (7/5), 6-3 dalam waktu 2 jam 5 menit untuk mencapai semifinal Australia Terbuka di Melbourne pada Selasa (27/1/2015).

Setelah menundukkan petenis bukan unggulan berusia 19 tahun itu, Murray, unggulan keenam yang tiga kali menjadi runner-up turnamen tersebut, akan menghadapi unggulan ketujuh asal Republik Ceska Tomas Berdych untuk memperebutkan satu tempat di final.

Murray tampil jauh lebih tenang dan lebih stabil bagi Kyrgios dan mencatat rekor kemenangannya atas petenis Australia itu menjadi 11-0.

Dia merampas tiga service break dan hanya kehilangan satu pada set terakhir untuk menandai dominasinya atas petenis peringkat 53 dunia Kyrgios.

Murray memukul 48 winner dan hanya melakukan 28 kesalahan sendiri, sementara melepaskan 13 ace dan memasukkan 80 persen servis pertamanya.

Kyrgios bermain pada tempo tinggi seperti biasanya dan melakukan 38 kesalahan sendiri, 22 di antaranya terjadi dari forehand-nya, sementara memasukkan 65 persen servis pertamanya.

"Ini pertandingan sulit dalam kondisi berangin dan saya mencoba mengawali pertandingan secepat mungkin, karena saya tahu bagaimana bahayanya Nick," kata Murray.

"Nick pemukul keras bola, jadi saya terus mencoba menjauhkan dia dari zona serang sebanyak mungkin, tapi dalam kondisi berangin jika anda dapat menggunakan "slice" dan menjaga bola tetap datar, sulit mengendalikannya. Saya bermain dengan gaya yang sedikit berbeda malam ini dan untungnya itu berhasil," kata Murray.

Dia mencapai semifinal Australia Terbuka untuk kelima kalinya, di mana dia akan menghadapi Berdych, yang memegang rekor kemenangan 6-4 atas petenis Skotlandia itu.

"Menyenangkan berada di tahapan akhir Slam lagi. Saya senang dengan hal itu. Yang dapat anda lakukan adalah mempersiapkan diri sebaik yang anda bisa, yang mana tentu saja sudah saya lakukan selama beberapa pekan dan bulan ini, dan memberi diri saya sendiri sebuah peluang."

Murray, yang juga menangani tekanan besar dari pengharapan tuan rumah sewaktu menjadi pemain muda, memuji Kyrgios. "Saya sudah menghabiskan sedikit waktu bersamanya dan saya pikir dia orang yang baik. Dia menyenangkan. Dia selalu sopan dan penuh hormat," kata Murray.

Dia menambahkan, "Mungkin dia melakukan hal aneh di lapangan yang mungkin mengganggu beberapa orang, tapi menurut saya dia melakukan sesuatu tidak dengan niat buruk. Dia hanya akan terus menjadi matang dan berkembang dengan respek itu saat dia beranjak dewasa. Dia hanya perlu dibiarkan tumbuh. Semua orang melakukan kesalahan saat mereka di usia itu."

Kyrgios sempat menerima peringatan dari wasit karena meneriakkan kata tidak sopan pada game kedelapan set pertama.

"Ini pengalaman yang sungguh bagus. Itu tadi pertandingan Grand Slam Aussie Open pertama saya di Rod Laver, jadi itu benar-benar hebat. Tapi dia terlalu bagus bagi saya malam ini. Ada beberapa hal saya dapat saya ambil dari pertandingan itu untuk menjadi lebih baik," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Sumber : Antara/AFP
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler