Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GM Susanto Raih Gelar Juara Grand Europe Cup di Bulgaria

Pecatur terbaik putra Indonesia GM Susanto Megaranto mencetak hasil gemilang meraih gelar juara pada pertandingan catur kilat di Grand Europe Cup yang berlangsung Sabtu (7/6/2014) di Albena, Bulgaria.

Bisnis.com, JAKARTA—Pecatur terbaik putra Indonesia GM Susanto Megaranto mencetak hasil gemilang meraih gelar juara pada pertandingan catur kilat di Grand Europe Cup yang berlangsung Sabtu (7/6/2014) di Albena, Bulgaria, sebagai persiapan tim catur Indonesia menuju Olimpiade Catur ke-41 di Tromso, Norwegia pada 1-14 Agustus 2014.

Susanto menjuarai catur kilat dengan angka fantastis 8 poin dari 9 babak. Susanto mencetak tujuh kemenangan dan dua kali remis tanpa pernah kalah. Dia unggul 1 angka dari dua saingan terberatnya, GM Hovhannes Gabuzyan dari Armenia dan GM Ivan Cheparinov dari Bulgaria.

Seperti disampaikan manajer tim Indonesia, Kristianus Liem kepada Bisnis dari Bulgaria, dalam perjalanan menuju puncak, Susanto a.l mengalahkan GM Dragan Solak dari Turki, serta runner-up GM Gabuzyan maupun peringkat ketiga pecatur tuan rumah GM Cheparinov.

Ivan Cheparinov adalah sekondan juara dunia catur 2005-2006 GM Veselin Topalov yang juga dari Bulgaria.  Pada awal 2014, Cheparinov juga menjuarai turnamen catur terbuka terberat dunia Gibraltar Open dengan menundukkan GM Nikita Vitiugov dari Rusia melalui play-off catur kilat.

Albena Blitz Chess Championship dilaksanakan pada Jumat 6 Juni 2014 diikuti 84 peserta yang datang dari 24 negara. Di antaranya ada 21 pemain bergelar GM, 2 Women GM, 22 Master Internasional (MI), 2 Women IM dan 7 FIDE Master.

Untuk nomor catur standar baru memainkan babak ketujuh. Babak ke-7 dimulai pukul 15.00 waktu setempat atau pukul 19.00 WIB. Memang ada perbedaan waktu 4 jam.

Pada babak ketujuh Susanto berhadapan lawan pecatur legendaris dari Armenia GM Vladimir Akopian di meja kelima. Partai tersebut disiarkan langsung di situs resmi panitia dengan alamat: http://www.albena.bulchesssummer.eu/live.html.

Di nomor catur standar ada enam pecatur yang memimpin dengan 5 poin. Mereka adalah GM Baris Esen (Turki, 2.570), GM Martyn Kravtsiv (Ukraina, 2.587), IM Vitaly Bernadskiy (Ukraina, 2.541), GM Axel Bachmann (Paraguay, 2.619), GM Vladimir Onischuk (Ukraina, 2.594) dan GM Emre Can (Turki, 2.519).

Pecatur Indonesia dengan ranking tertinggi ditempati Susanto Megaranto yang berada diperingkat ke-18 dengan 4,5 poin. Kemudian ada empat pecatur Indonesia lainnya yang membuntuti dengan 4 poin, yakni WGM Irine Kharisma Sukandar, MI Farid Firman Syah dan Novendra Priasmoro.

Novendra adalah pecatur muda berusia 14 tahun yang sedang naik daun. Novendra belum memiliki rating internasional ketika tiba di Albena ternyata kehilangan paspor. Namun kondisi itu tidak mempengaruhi mentalnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler