Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JAPFA Chess Festival Gelar Turnamen Grandmaster

JAPFA Chess Festival ke-9 akan mempertandingkan dua kategori catur internasional dan 11 kategori nasional
JAPFA Chess Festival ke-9 gelar tanding 2 kategori catur internasional/Bisnis
JAPFA Chess Festival ke-9 gelar tanding 2 kategori catur internasional/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA- JAPFA Chess Festival ke-9 akan mempertandingkan dua kategori catur internasional dan 11 kategori nasional.

Kategori pertama adalah JAPFA Grandmaster Tournament yang terdiri dari lima pecatur putra luar negeri dan lima pecatur putra dalam negeri. Turnamen yang memungkinkan melahirkan Norma GM maupun Norma IM ini akan berlangsung sembilan babak sistem setengah kompetisi. Untuk mendapatkan Norma GM dibutuhkan 6,5 poin (+4), dan Norma IM 5 poin (+1).

Dalam siaran pers Japfa yang diterima Bisnis, Selasa (22/4/2014), disebutkan lima pecatur luar negeri terdiri dari 2 GM dan 3 IM, yakni GM Sergey Tiviakov (Belanda 2651), GM Suat Atalik (Turki 2562), IM Nguyen Huynh Minh Huy (Vietnam 2474), IM Kirill Kuderinov (Kazakhstan 2448), dan IM Rolando Nolte (Filipina 2417).

Sementara itu, lima pecatur dalam negeri yang akan bermain di Gedung Serba Guna Senayan pada 20-25 April, terdiri dari 1 GM, 4 IM, dan 1 FM. Mereka adalah GM Cerdas Barus (2392), IM Denny Juswanto(2402), IM Farid Firman Syah (2397), IM Tirta Chandra Purnama (2380), dan FM Muhammad Luthfi Ali (2336).

Kategori catur internasional kedua adalah JAPFA Woman Chess Match, yakni dwitarung antara WGM Medina Warda Aulia vs WGM Ticia Gara dari Hungaria.
Medina, 17, adalah pecatur muda Indonesia yang ketika mendapatkan gelar WGM memecahkan rekor usia Irene Kharisma Sukandar. Medina juga mengambil-alih pimpinan klasemen pecatur nomor satu Indonesia dari tangan Irene dengan membukukan rating 2322 per 1 April, sementara rating Irene merosot menjadi 2319.

WGM Ticia Gara, 30, adalah pecatur cantik nomor enam Hungaria dengan rating 2340. Ticia juga tercatat pernah dua kali menjadi juara nasional Hungaria, yaitu pada 2006 dan 2007.

"Dua turnamen kategori internasional itu menunjukkan komitmen JAPFA yang tidak pernah berhenti mendukung pembinaan catur Indonesia," ujar Herry Wibowo, Direktur PT. JAPFA Comfeed Indonesia Tbk.

JAPFA Chess Festival juga menyediakan hadiah khusus bagi wartawan cetak maupun elektronik dengan total hadiah Rp15 juta.

Japfa yang bergerak di bidang produksi pakan ternak, pembibitan ayam, pembibitan dan penggemukan sapi, budidaya perairan, dan produksi vaksin hewan menggelar JAPFA Chess Festival sejak 2000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : M. Sarwani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler