Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tommy Sugiarto Ke Final Malaysia Terbuka

Tunggal putra Indonesia Tommy Sugiarto melenggang ke babak final kejuaraan bulu tangkis Maybank Malaysia Open 2014 setelah menyingkirkan pemain Jepang, Kenichi Tago, pada babak semifinal di Kualalumpur, Malaysia, Sabtu (18/1/2014).

Bisnis.com, KUALA LUMPUR - Tunggal putra Indonesia Tommy Sugiarto melenggang ke babak final kejuaraan bulu tangkis Maybank Malaysia Open 2014 setelah menyingkirkan pemain Jepang, Kenichi Tago, pada babak semifinal di Kualalumpur, Malaysia, Sabtu (18/1/2014).

Tommy yang menempati unggulan keempat pada kejuaraan itu, memerlukan waktu 49 menit untuk mengalahkan Kenichi Tago yang menempati peringkat kelima dunia dengan dua gim langsung, 21-13 dan 21-18.

Dengan kemenangan itu, skor pertemuan antara kedua pemain berubah menjadi 3-1 untuk keunggulan putra juara dunia 1983 Icuk Sugiarto tersebut. Dua kali kemenangan Tommy diraih saat tampil pada babak penyisihan grup dan babak selanjutnya BWF World Superseries Finals 2013.

Berdasarkan laman PB PBSI, pada pertandingan antara Tommy melawan Tago sempat terjadi insiden kecil yang tampaknya membawa pengaruh terhadap permainan tunggal putra Jepang tersebut.

"Pada gim pertama, satu pukulan saya mengenai wajah Tago. Tampaknya dia tidak suka dengan hal itu. Tapi namanya juga permainan, ini tidak sengaja saya lakukan, apalagi saya berteman baik juga dengan dia. Sejak itu, Tago berubah drastis, sepertinya dia emosional dan tidak terkontrol," kata Tommy kepada Antara.

Ia mengatakan jika Tago bersikap berbeda, kemungkinan pertandingan akan lebih sengit.

"Jika Tago sikapnya berbeda, mungkin pertandingan bisa berlangsung lebih sengit, seperti pertemuan terakhir kami di BWF Superseries Finals 2013. Kali ini, dia juga 'fight', tetapi emosinya lebih tinggi," katanya.

Pada gim kedua, Tommy sempat tertinggal 3-9 dan sorak sorai pendukung Indonesia yang memadati di Stadion Putra, Bukit Jalil tersebut, sempat terhenti. Cukup banyak yang memperkirakan kalau pertandingan itu akan berakhir dengan rubber gim.

Akan tetapi, Tommy tidak mau menyerah dan terus bermain dengan ulet. Satu demi satu angka dikumpulkan Tommy hingga akhirnya menyamakan kedudukan menjadi 16-16, dan kemudian berbalik unggul menjadi 17-16.

"Intinya pada pertandingan ini, saya mencoba untuk membangun rasa percaya diri. Kalau kalah 'start' dan tidak percaya diri, permainan saya kurang bagus. Jadi saya coba tampil lebih rileks saja," kata Tommy.

Pada partai puncak kejuaraan bulu tangkis berhadiah total US$500.000 tersebut, Tommy akan menghadapi pemenang antara unggulan pertama Lee Chong Wei (Malaysia) melawan unggulan ketiga dari Denmark, Jan O Jorgensen.

Jika bertemu pemain peringkat satu dunia Lee Chong Wei, Tommy belum pernah menang dalam delapan kali pertemuannya, sedangkan jika bertemu Jan O Jorgensen, hal itu merupakan pertemuan pertama bagi mereka (Tomy dan Jorgensen).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler