Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Moto GP: Hanya Latihan Seadanya Rossi, Lorenzo, Marquez, Pedrosa Langsung Kualifikasi

Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Marc Marquez, Dani Pedrosa dan 20 pebalap lainnya terpaksa hanya menjalani latihan sebentar untu persiapan Kualifikasi Moto GP Motegi, karena lintasan diguyur hujan sepanjang Jumat-Sabtu
Sirkuit Motegi diguyurkan hujan, agenda Latihan dan Kualifikasi Moto GP seri ke-17 berantakan/Motogp.com
Sirkuit Motegi diguyurkan hujan, agenda Latihan dan Kualifikasi Moto GP seri ke-17 berantakan/Motogp.com

Bisis.com, JAKARTA - Balapan Moto GP seri ke-17 di Sirkuit Motegi Jepang berlangsung kacau, karena kemarin (Jumat 25/10/2013) dan pagi hari ini (Sabtu 26/10/2013) lintasan diguyur hujan lebat.

Akibatnya dalam dua hari berturut-turut semua pebalap menganggur karena sesi Latihan 1 dan Latihan 2 dibatalkan untuk agenda Jumat.

Pagi hari ini, hujan kembali mengguyur Sirkuit Motegi, sehingga agenda Latihan 3 dan Latihan 4 pun berantakan.

Dalam kondisi serba tidak menentu tersebut, panitia balapan memutuskan untuk langsung menggelar sesi Kualifikasi untuk penentuan posisi start, jika kondisi lintasan mulai mengering dan tak membahayakan para pebalap.

Sebelum kualifikasi, panaitia memberi kesempatan kepada pebalap untuk melakukan latihan sebentar guna pemasanan dan pengenalan lintasan.

Semula, sesi kualifikasi dijadwalkan digelar pukul 13:55 waktu Tokyo atau pukul 11:55 WIB.

Namun sesi Kualifikasi terpaksa diundur, karena hingga pukul 11:55 WIB lintasan masih digunakan untuk sesi Latihan kelas Moto 3.

Untuk agenda Minggu dengan acara puncak balapan pukul 14:00 waktu Tokyo atau pukul 12:00 WIB, pagi harinya panitia menggelar sesi Latihan resmi yang dibatalkan selama JUmat dan Sabtu.

Dalam situasi serba tidak menentu seperti itu persaingan 4 pebalap penghuni posisi 4 besar--Marc Marquez, Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa, Valentino Rossi--semakin seru karena bisa saling memanfaatkan kekacauan tersebut.

Pengalaman dan jam terbang menjadi faktor penentu ketika lintasan basah dan cuaca serba tidak menentu.

Jika faktor tersebut menjadi determinan, maka peluang Rossi untuk menjadi juara atau setidaknya naik podium sangat terbuka, kendati motor Yamahanya kurang kompetitif untuk bersaing dengan duet Repsol Honda Marc Marquez dan Dani Pedrosa.

Jangankan dengan duet Repsol Honda tersebut, untuk bertarung dengan rekan setimnya, Jorge Lorenzo, pun motor Rossi juga tak kompetitif.

Padahal, seri ke-17 di Motegi tersebut sangat krusial untuk penetuan juara Moto GP 2013, karena saat ini Marquez di puncak klasemen hanya unggul 18 poin dari Lorenzo di posisi ke-2.

Sementara itu, balapan Moto GP tinggal menyisakan seri terakhir atau seri ke-18 di Valencia yang akan digelar Minggu 10 November mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sutarno
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler