Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Master Medina Terus Melaju di World Junior Chess Championship 2013

Bisnis.com, JAKARTA - Pecatur putri Indonesia, Master Internasional Medina Warda Aulia tampil luar biasa pada babak keenam World Junior Chess Championship 2013 di Kocaeli, Turki dengan menggulingkan unggulan pertama Grandmaster Alina Kashlinskaya dari

Bisnis.com, JAKARTA - Pecatur putri Indonesia, Master Internasional Medina Warda Aulia tampil luar biasa pada babak keenam World Junior Chess Championship 2013 di Kocaeli, Turki dengan menggulingkan unggulan pertama Grandmaster Alina Kashlinskaya dari Rusia.

Laporan manajer tim Indonesia, Kristianus Liem dari Turki kepada Bisnis, Kamis (19/9/2013) mengatakan Medina memang tampil luar biasa pada babak keenam tersebut. Hanya itu kalimat yang layak disebutkan bagi kemenangan pecatur putri dengan elo rating 2.435.

Kemenangan pada langkah yang cukup cepat itu, yakni ke-24, membawa posisi Medina, 16, memimpin sendirian pada klasemen sementara dengan total nilai 5,5 angka. Dia mengalahkan Grandmaster (GM) Alina Kashlinskaya dengan pembukaan Catalan.

Di bawah Medina Warda Aulia (2.301), ada GM Irina Bulmaga (2.387) dari Rumania dengan 5 poin. Pada babak keenam Irina bermain remis melawan GM Cori T. Deysi (2.433) dari Peru.

Determinasi Medina pada pertarungan ini sangat nyata karena determinasinya juga kuat. Kubu Indonesia bahkan sangat terkejut dengan hasil itu. Sebab, itu merupakan pertama kalinya Alina menggunakan pembukaan Catalan.

Untungnya pelatih Indonesia GM Ruslan Scherbakov sangat berpengalaman dan yakin anak didiknya mampu menghadapi pembukaan yang dipopulerkan mantan juara dunia Kramnik ini.

Oleh karena itu, pada masa latihan simultan di Pusat Pelatihan Nasional (Pelatnas), Ruslan memainkan pembukaan ini. Variasi 5 diikuti c5 itulah yang digunakan Medina dalam latihan tersebut.

Ketika pertandingan baru berjalan 11 langkah, posisi Medina yang memainkan catur hitam terlihat unggul. Dua langkah kemudian sebetulnya Medina bisa menang satu Benteng, tetapi dia khawatir ketinggalan perkembangan sehingga hanya mengambil kualitas.

Medina bahkan mampu menguasai inisiatif permainan. Setelah langkah 22, h6, kemenangan sudah tampak di depan mata. Dua langkah kemudian Alina menyerah kalah.

Terjadi sebaliknya terhadap rekan Medina, yakni Master Internasional (MI) Chelsie Monica Sihite (2.282). Pecatur ini kembali bermain jelek dan menyerah pada langkah ke-33 pertahanan Hindia Menteri dari pecatur non gelar Ana Kuchava (2.092) dari Georgia. Saat ini Chelsie baru mengantongi 2,5 poin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler