Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mesir Pastikan Ikuti Islamic Solidarity Games III di Palembang

Bisnis.com, PALEMBANG - Mesir telah memastikan keikutsertaan pada ajang olahraga Islamic Solidarity Games III di Palembang, 22 September- 1 Oktober 2013. "Mesir melalui ketua National Organization Committee telah menyatakan tetap ambil bagian dalam Islamic

Bisnis.com, PALEMBANG - Mesir telah memastikan keikutsertaan pada ajang olahraga Islamic Solidarity Games III di Palembang, 22 September- 1 Oktober 2013.

"Mesir melalui ketua National Organization Committee telah menyatakan tetap ambil bagian dalam Islamic Solidarity Games (ISG) meskipun saat ini sedang mengalami konflik dalam negeri," kata Sekretaris Islamic Solidarity Sports Federation (ISSF) Faisal Al Nassar seusai pertemuan dengan seluruh pimpinan kontingen negara peserta (Chef de Mission/CDM), Rabu (21/8).

Dia menjelaskan selain Mesir, dua negara lainnya yakni Irak dan Suriah juga telah memastikan keikutsertaan pada ajang olahraga negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) itu.

"Ketiga negara yakni Mesir, Irak, dan Suriah, berharap ajang ISG ini menjadi pendamai di tengah-tengah situasi yang tidak kondusif di negara masing-masing," ujarnya.

Ia menambahkan, ketiga negara itu juga berharap ISG menjadi bentuk solidaritas negara-negara Islam atas kondisi memprihatinkan yang terjadi dalam satu tahun terakhir.

Sementara, Ketua Deputi I Panitia Pelaksana ISG (InaISGOC) Joko Pramono mengatakan sebanyak 31 negara telah memastikan keikutsertaan pada ajang yang mempertandingkan 13 cabang olahraga itu. Adapun, sebanyak tujuh negara masih dinantikan konfirmasinya hingga akhir Agustus 2013.

"Panitia pelaksana terpaksa memberikan batas waktu mengingat berkaitan dengan persiapan tuan rumah. Data mengenai jumlah negara peserta, ofisial dan atlet, sangat dibutuhkan untuk mendata semua kebutuhan," ujarnya.

Pimpinan kontingen negara peserta Islamic Solidarity Games III meninjau kesiapan Provinsi Sumatera Selatan sebagai penyelenggara dengan berkunjung ke Palembang, 17-21 Agustus 2013.

Sebelumnya, delegasi Islamic Solidarity Sports Federation (ISSF) telah mengunjungi Palembang dengan mengirimkan tiga orang perwakilan ISSF itu, Abby Mubiru (chairman supervision and coordination), Saeed Hussein Abdul Ghaffar (Member SCC), dan Lanny Galikuwa Kimbowa (ISSF Secretariat Support Team).

Sumatera Selatan yang menjadi tuan rumah SEA Games XXVI/2011 telah mendapatkan payung hukum berupa penetapan resmi selaku tuan rumah ISG dari presiden melalui surat Keputusan Presiden (Keppres) pada 29 Juli 2013.

Sekitar 1.743 oang atlet, 589 orang ofisial akan ambil bagian pada perhelatan itu.

Sebelumnya, panitia melansir sebanyak 26 negara telah memastikan keikutsertaan, yakni, Brunai Darussalam, Indonesia, Malaysia, Pakistan, Tajikistan, Turmekistan, Aljazair, Burkina Faso, Maladewa, Maroko, Sudan, Uganda, Mesir, Iran, Irak, Kuwait, Libya, Oman, Palestina, Qatar, Saudi Arabia, Syria, Uni Emirat Arab, Azerbaijan, Turki, dan Guyana. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler