Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Homeless World Cup 2013, Indonesia Permalukan Lithuania 9-3

Bisnis.com, JAKARTA—Tim street soccer Indonesia berhasil mempermalukan Lithuania 9-3 (5-1), lawan pertama mereka dalam Grup D tahap dua pada ajang Homeless World Cup 2013 di Danau Malta, Poznan, Polandia, Rabu (14/8).Dalam rilis yang diterima Bisnis,

Bisnis.com, JAKARTA—Tim street soccer Indonesia berhasil mempermalukan Lithuania 9-3 (5-1), lawan pertama mereka dalam Grup D tahap dua pada ajang Homeless World Cup 2013 di Danau Malta, Poznan, Polandia, Rabu (14/8).

Dalam rilis yang diterima Bisnis, Rabu (14/8/2013) malam, kemenangan ini tidak lepas dari pembenahan yang dilakukan oleh pelatih Bonsu Hasibuan.

Pada pertandingan tersebut, Bonsu menurunkan Dimas, Nico Pernando, Sendi, dan Ujang Yakub pada posisi kiper, tim Indonesia langsung menekan. Mereka tidak mau kecolongan di menit-menit awal sehingga langsung berupaya menyerang.

Tendangan para pemain Indonesia sempat tiga kali membentur tiang. Dimas yang bermain di bagian depan bersama Nico berkali-kali saling mengoperkan bola sehingga bisa membuka ruang untuk melepaskan tembakan ke arah gawang.

Strategi itu berjalan efektif. Dimas membuka keunggulan buat Indonesia lewat sebuah placing-nya. 1-0 untuk Indonesia. Namun gol itu langsung dibalas oleh Lithuania. Kedudukan imbang 1-1.

Namun selepas Dimas menyarangkan gol keduanya, serangan Lithuania terasa mengendur. Hasilnya Indonesia unggul 5-1 pada tujuh menit pertama.

Memasuki babak kedua, Dimas kembali menambah pundi-pundi gol Indonesia menjadi 6-1. Selisih lima angka ini dimanfaatkan oleh Bonsu untuk merotasi pemainnya. Dia memasukkan Riki Irawan, Ahmad Faizin, Mifta Sano, dan I Wayan Arya Renawa secara bergantian.

Rotasi ini agar semua pemain punya pengalaman yang sama di lapangan. Apalagi, permainan Lithuania yang cukup ngotot bisa memberikan pelajaran buat semua pemain Indonesia.

Gol ke-tujuh buat Indonesia dicatat oleh Nico Pernando yang berasal dari Jawa Barat. Meski terus kebobolan, Lithuania tidak mengendorkan serangannya. Kiper Indonesia, Ujang Yakub berkali-kali jatuh bangun mengamankan jalanya. Tiga menit menjelang waktu berakhir, Indonesia menambah gol dari Sendi dan Riki

Lithuania juga tidak mau ketinggalan. Mereka berhasil menyarangkan dua gol pada detik-detik terakhir pertandingan. Kemenangan ini membuat Indonesia meraih tiga poin sebagai bekal mengarungi empat pertandingan ke depan.

Selepas Lithuania, masih ada Costa Rica, Italia, Rusia, dan tuan rumah Polandia. Hasi pertandingan lainnya, Costa Rica mengalahkan Rusia dengan skor 4-2.

“Tidak ada jalan lain, harus menang terus,” ujar Bonsu mengomentari hasil dalam grup tersebut.

Menurut dia, para pemain Indonesia masih harus tampil konsisten dalam menyerang dan bertahan sekaligus. Meski terbilang baik dalam serangan, sambung Bonsu, akan percuma apabila tidak bisa melakukan tekanan sejak dari garis pertahanan.

Homeless World Cup adalah sebuah kompetisi street soccer tingkat dunia yang diikuti oleh 64 negara. Para peserta di pertandingan ini adalah orang-orang dengan beragam latar belakang yang terkait isu tuna wisma atau kalangan marjinal secara sosial.

Kompetisi ini memungkinkan setiap peserta merasakan dan menikmati sensasi bermain bola untuk merubah hidupnya. Kesempatan itu hanya datang satu kali seumur hidup. Homeless World Cup pertama kali digelar pada tahun 2003 silam dan sudah meberikan kesempatan untuk merubah hidup kepada ribuan orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Khoer
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler