Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DAUD YORDAN Rebut Juara Dunia Tinju Kelas Ringan IBO

BISNIS.COM, PERTH--Indonesia kembali memiliki juara dunia tinju setelah Daud Yordan merebut sabuk juara dunia kelas ringan badan tinju dunia IBO yang lowong.

BISNIS.COM, PERTH--Indonesia kembali memiliki juara dunia tinju setelah Daud Yordan merebut sabuk juara dunia kelas ringan badan tinju dunia IBO yang lowong.

Daud mengatasi perlawanan Daniel Eduardo Brizuela asal Argentina dengan kemenangan angka mutlak dalam pertarungan yang digelar di Metro City Perth, Australia seperti disiarkan RCTI, Sabtu (6/7/2013) malam.

Meski pelipis kanannya sempat robek sejak ronde tujuh tetapi Daud mampu menyelesaikan pertarungannya hingga ronde 12 berakhir.

Daud dinyatakan menang angka mutlak oleh tiga hakim pertandingan dengan keunggulan poin 117-111, 115-113 dan 116-112 dan diumumkan sebagai juara dunia baru kelas ringan IBO .

Sebenarnya gelar juara dunia sudah pernah disandang Daud Yordan sabuk juara dunia IBO kelas bulu ringan.

Namun dia kehilangan gelar itu April 2013 saat dikalahkan dengan TKO oleh lawannya kala itu Simpiwe Vetyeka.

Sementara itu, Antara melaporkan, Daud Yordan mengaku lebih displin saat menghadapi petinju Argentina Daniel Eduardo Brizuela sehingga mampu mengalahkannya dan membawa pulang sabuk gelar juara dunia kelas ringan (61,2 kilogram) International Boxing Organization (IBO).

"Ini yang menjadi kunci kemenangan saya saat menghadapi petinju Argentina di Perth, Austraia, Sabtu (6/7) waktu setempat," kata petinju Sasana Kayong Utara Kalimantan Barat tersebut saat dihubungi Antara dari Semarang.

Menurut ayah dari Miquel Angela Yordan Jr, dirinya selalu tampil menekan lawan begitu setiap ronde dimulai dan lebih banyak menekan lawan dengan pukulan jab-jab ke muka lawan.

Pada pertarungan yang berlangsung dalam 12 ronde tersebut, Daud Yordan berhasil merebut gelar juara dunia kelas ringan IBO setelah menang angka atas petinju Argentina Daniel Eduardo Brizuela (117-111, 115-113, 116-112).

Dengan kemenangan itu, rekor bertarung Daud Yordan menjadi 31 kali menang (23 di antaranya dengan KO) dan tiga kali kalah. Pertarungan melawan petinju Argentina itu merupakan duel perdana Daud Yordan setelah memutuskan naik dari kelas bulu ke ringan.

Kemenangan itu juga menjadikan Daud Yordan merupakan petinju Indonesia yang mampu meraih gelar juara dunia di kelas yang berbeda karena sebelumnya yang bersangkutan adalah juara dunia kelas bulu IBO.

Juara dunia kelas bulu IBO tersebut direbut Daud Yordan setelah menang KO ronde kedua atas petinju Filipina Lorenzo Villanueva di Singapura, 5 Mei 2012, kemudian sempat dipertahankan kembali pada pertarungan melawan petinju Mongolia Choi Tseveenpurev (menang angka) juga di Singapura, 9 November 2012.

Tetapi gelar tersebut akhirnya lepas setelah kalah TKO ronde ke-12 dari petinju Afrika Selatan Simpiwe Vetyeka di Jakarta, 14 April 2013. Setelah itu, Daud Yordan memutuskan untuk naik dua kelas dari bulu ke ringan karena berat badannya sudah tidak ideal tampil di kelas bulu (57/1 kilogram).

"Gelar ini saya persembahkan kepada seluruh masyarakat Indonesia yang telah memberikan doa kepada saya sehingga saya mampu meraih gelar juara dunia yang sudah menjadi target saya setelah saya terjun di kelas ringan," katanya.

Sementara itu, juara nasional kelas bantam super Rasmanudin gagal merebut gelar IBO Asia Pasifik karena kalah angka dari petinju tuan rumah Jason Cooper (96-94, 97-96, dan 96-96). (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler