Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TINJU WBA: Chris John Akui Satoshi Seperti Samsak

BISNIS.COM, JAKARTA--Petinju kelahiran 14 September 1979 di Banjarnegara, Chris John –putra pasangan Johan Tjahjadi (alias Tjia Foek Sem) dan Maria Warsini, Minggu (14/4/2013) di Gelora Bung Karno, Jakarta --kembali akan mempertahankan gelarnya,

BISNIS.COM, JAKARTA--Petinju kelahiran 14 September 1979 di Banjarnegara, Chris John –putra pasangan Johan Tjahjadi (alias Tjia Foek Sem) dan Maria Warsini, Minggu (14/4/2013) di Gelora Bung Karno, Jakarta --kembali akan mempertahankan gelarnya, juara Super Champions kelas bulu WBA—melawan penantangnya, Satoshi Hosono dari Jepang.

Sebagai petinju Indonesia ketujuh yang berhasil menjadi  juara dunia  --setelah Ellyas Pical,  Pulo Sugarray, Hengky Gun, Nico Thomas,Dominggus Siwalete, dan Suwito Nagola-- suami dari Anna Maria Megawati dan ayah dari dua putri ini --Maria Luna Ferisha dan Maria Rosa Christiani— begitu diharapkan publiknya untuk kembali mempertahankan gelarnya.

Prestasi itu, bukan hanya pembuktian bahwa mantan atlet wushu ini petinju tangguh. Lebih dari itu, diharapkan akan ikut membangun kebanggaan  warga bangsa ini sebagai orang Indonesia, yang kini kian memudar akibat digerus oleh praktik korup dan demoralisasi  pemimpin.

Setelah mematahkan perlawanan Oscar Leon dari Kolombia  pada pertarungan 26 September 2003 di Bali dengan kemenangan angka tipis (split decision) dalam pertandingan 12 ronde, Chris  menyandang gelar juara dunia WBA, kendati bersifat sementara (interim title), kini Chris telah 16 kali mempertahankan gelarnya. Termasuk menjinakkan mantan penguasa kelas bulu WBA dan IBF, Juan Manuel Marques (Meksiko) di Tenggarong, Kalimantan Timur.

Menghadapi petinju dari Jepang ini, bukan pengalaman pertama bagi Chris John. Setelah menjadi juara dunia WBA pada 2003, petinju yang memiliki nama lengkap Yohannes Christian John mengkandaskan Osamu Sato di kandangnya, Arieka Colliseum, Tokyo, Jepang pada 4 Juni 2004.

Setelah mengatasi perlawanan Jose Cheo Rojas – dengan technical draw—lalu Derrick Gainer, Tommy Browne di Australia, Juan Manuel Marquez Mendez, Rena Acosta, Jose Cheo Rojas (pertarungan kedua), dia pun mampu menghajar petinju tuan rumah Zaiki Takemoto di Kobe Jepang. Termasuk mengkandaskan Hiroyuki Enoki dan Shoji Kimura.

Menurut Chris John, Enoki adalah petinju Jepang yang paling kuat yang pernah dihadapi dan setara dengan Juan Manuel Marquez. “Ini lawan terberat yang pernah saya hadapi,” katanya.

"Saya merasa yakin bisa mengalahkan dia (Satoshi Hosono) apalagi pertarungan itu dimainkan di depan publik  sendiri dan ini yang menambah motivasi saya untuk mengalahkannya," kata Chris John.

“Saya tidak berharap memiliki peluang menantang untuk merebut gelar juara dunia sampai tiga kali. Saya bertekad untuk memangkan gelar ini pada saat ini,” ujar Hasono.

Bagi petinju  Satoshi Hosono (23-2, 17 KO) pertandingan perebutan gelar juara dunia sudah tidak asing lagi.  Ia telah dua kali menjadi penantang gelar juara dunia dan tidak berhasil. Kali ini, Satoshi Hosono bertekad untuk meraih sabuk gear juara dunia dari Chris John WBA.

Mengalahkan lawan yang  hampir sempurna seperti melawan petinju Indonesia Chris John (48-0-2, 22 KO) akan menjadi prestasi  bagi  penantang asal Jepang itu. Namun demikian, Satoshi Hosono tidak memiliki pesan khusus  dalam pertarungan perebutan juara WBA ini.

Satoshi sudah dua kali gagal dalam upayanya meraih gear juara dunia,  tulis sportsnippets.com. Pertama datang dari tangan Poonsawat Kratingdaenggym pada 2010 kemudian dari  Celestino Caballero pada 2011.

Meskipun Satoshi Hosono tampaknya tidak punya keraguan dalam menghadapi Chris John yang tak terkalahkan, perjuangan  ketiga Hosono untuk meraih gelar juara dunia diprediksi akan berakhir  dengan patah hati.  Chris  bukan saja mampu mempertahakan gelar hingga 17 kali. Namun, dia begitu menguasai WBA dalam satu dekade ini. Meskipun hal ini  tampak seperti pertandingan tidak imbang,  Chris John menolak untuk meremehkan lawannya.

"Dia [Satoshi Hosono] tidak pernah berhenti menyerang dan seperti samsak  besar, saya sangat menghormati semua petinju Jepang, mereka seperti prajurit tapi kami telah melakukan persiapan  lama dan keras untuk segala sesuatu sehingga selama kita tetap berpegang pada rencana permainan kami menang, tidak memiliki masalah "kata John.

"Hosono merupakan petinju yang sangat berbahaya dan sepereti samsak besar dan saya harus berada di puncak permainan saya ketika saya melawan dia hari Minggu ini," tambahnya. (foto: metronews.com) (msb)

Satosi Hosono

ProfilFakta
Jenis KelaminLelaki
Tanggal Lahir6 Nov 1983
Tempat LahirIwaki, Fukushima, Japan
Kelas              Bulu
Peringkat 6 WBA
GayaOrthodox
Tingg170
Jangkauan169
JulukanBazooka
RekorMenang 23 (KO 17) + Kalah 2 + Seri (0)

Rekor 10 partai terakhir Hosono

Tanggal

Lawan

Tempat

Kemenangan

2 Oktober 2012

Rikiya Fukuhara

Korakuen Hall, Tokyo

 Menang (TK)

5-Mei-2012

Hirotsugu Yamamoto

Korakuen Hall, Tokyo

Menang (TKO)

31-Desember-2011

Celestino Caballero

Bunka Gym, Yokohama, Kanagawa

Kalah (Angka)

11-Juli-2011

Kazunori Takayama

Korakuen Hall, Tokyo

Menang (TKO)

2 April 2011

Kazuyoshi Sasaki

Korakuen Hall, Tokyo

Menang (TKO)

3-Februari-2011

Kzazumasa Kihara

Korakuen Hall, Tokyo

Menang (angka)

8-November 2010

Koji Umetsu

Korakuen Hall, Tokyo

Menang (angka)

1 Mei- 2010

Sony Fony

Korakuen Hall, Tokyo

Menang (TKO)

11 Januari 2010

Poonsawat Kratingdaenggym

Tokyo Big Sight, Tokyo

Kalah (angka)

10-Oktober-2009

Hiroyuki Enoki

Yoyogi #2 Gymnasium, Tokyo

Menang (angka)

      

 Chris John

ProfilFakta
Tanggal Lahir14 September 1979
Tempat lahirBanjarnegara
Julukanthe Dragon/the Indonesian Thin Man
KelasBulu
Tinggi169 cm
Jangkauan170 cm
GayaOrthodox
Rekor45 menang (22 KO), Kalah (0), Seri (2)

 

Tanggal

Lawan

Tempat

Kemenangan

9-Nov-2012

Chonlatarn Piriyapinyo

Hotel Marina Bay Sands, Singapura

Menang angka

5-Mei-2012

Shoji Kimra

Hotel Marina Bay Sands Singapura

Menang

30-Nov-2011

Stanyslav Merdov

Challenge Stadium, Australia

Menang

17-April-2011

Daud Cino Yordan

Jakarta International Expo, Jakarta

Menang

5-Des-2010

Fernando David Saucedo

Indoor Tennis Stadium, Jakarta

Menang

19-Sept-2009

Rocky Juarez

MGM Grand, Las Vegas, Nevada, AS

Menang

28-Feb-2009

Rocky Juarez

Toyota Center, Houston, Texas, AS

Seri

24-Okt-2008

Hiroyuki Enoki

Korakuen Hall, Tokyo, Jepang

Menang

26-Jan-2008

Roinet Caballero

Stadion Bung Karno, Jakarta

Menang

19 Agustus-2007

Zaiki Takemoto

Kobe Fashion Mart, Kobe, Jepang

Menang

 

Ofisial Pertandingan

Wasit              :         Rafael Ramos

Hakim              :         Chalem Prayadsab, Alfredo Polanco, Silvestre Abainza.

Supervisor      :         Jesper Jensen

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler