Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BALAP SEPEDA: Tour de Singkarak diresmikan

 
nurul
nurul - Bisnis.com 14 Mei 2012  |  21:58 WIB

 

 

JAKARTA: Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar bersama Gubernur Provinsi Sumatra Barat Irwan Prayitno meresmikan Tour de Singkarak 2012 (TDS) di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, kantor Kementerian Parekraf, malam ini, Senin 14 Mei 2012.

 

Acara itu menandai digelarnya lomba balap sepeda internasional yang diselenggarakan di Sumatra Barat pada 4 - 10 Juni 2012. "Tahun ini Kemenparekraf kembali mengundang Amaury Sport Organization (ASO), penyelenggara Tour de France, salah satu lomba balap sepeda internasional terbesar di dunia, untuk hadir dan memberikan masukan terhadap penyelenggaraan TDS 2012," kata Sapta. 

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan event ini merupakan terobosan pemasaran yang diajukan Dirjen Pemasaran Kemenbudpar sewaktu dia masih duduk sebagai anggota. Komisi X DPR RI. 

"Kami sebut terobosan karena dalam waktu singkat event mendunia dan kami di saat menjadi gubernur merasakan manfaatnya mempromosikan pariwisata daerah," kata. Irwan. 

Pemerintah dan masyarakat Sumbar telah melakukan persiapan optimal dengan memperbaiki jalan-jalan yang dilalui peserta. Demam olahraga sepeda juga tanda semangatnya masyarakat menyambut event akbar ini. 

"Manfaat bagi pariwisata daerah tiap week-end semua penerbangan ke Sumbar penuh sehingga dampak bergaanda dari kunjungan wisatawan sangat dirasakan langsung oleh masyarakat," kata Gubernur. 

Penyelenggaraan Tour de Singkarak ke empat ini di ikuti 18 pembalap internasional yang memperebutkan hadiah total sebesar Rp 1 miliar. Pada tahap persiapan,  ASO bersama Kemenparekraf, PB ISSI, dan Pemprov/Pemkot/Pemkab Sumbar terlibat aktif dalam pembuatan rancangan rute etape TDS 2012, tambah Sapta.   

 

Perhelatan bertema Sport Tourism ini  telah menjadi agenda tahunan Union Cycliste Internationale (UCI) yang menjaring kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Sumbar untuk menyaksikan lomba serta menikmati keindahan alam dan budaya Minang. 

Salah satu tujuan dari penyelenggaran Tour ini adalah untuk meningkatkan citra pariwisata Indonesia, khususnya Sumatera Barat, yang telah mendapat sambutan hangat dari mancanegara. 

18 tim mancanegara meliputi; 1. Aisan Racing Team, 2. Azad University Cross Team, 3. OCBC Singapore Continental Cycling Team, 4. Genesis Wealth Advisers Pro Cycling Team, 5. Uzbekistan Suren Team, 6. Eddy Hollands Bicycle Services, 7. Tabriz Petrochemical Team, 8. Action Cycling Team, 9. Plan B Racing Team, 10. CCN Cycling Team (ACT), 11. Colossi Miche Team, 12. Australian National Team, 13. Trengganu Pro, 14. Japan Cycling Federation, 15. Pre Black Racing Team, 16. Budget Forklifts serta 2 tim lain yang masih dalam konfirmasi.   

Tour de Singkarak (TDS) 2012 akan melombakan 7 etape yang berjarak total 854 km, melewati 14 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat. Ketujuh etape tersebut adalah; Etape 1 Sawahlunto - Sawahlunto, Etape 2 Muara Sijunjung - Lembah Harau. 

Etape 3 rutenya Payakumbuh - Istana Basa Pagaruyung, Etape 4 Sicincin Anai Golf - Bukittinggi, Etape 5 Padang Panjang - Singkarak, Etape 6 Pariaman - Painan dan Etape 7 Padang Circuit Race. 

Sebanyak 14 Kabupaten dan Kota  terlibat dalam perhelatan ini yang disemarakkan oleh partisipasi 250 pebalap sepeda dari 17 negara meliputi; Jepang, Iran, Singapura, Australia, Uzbekistan, Ukraina, Kirgiztan, Rusia, Taipe, Amerika Serikat, Jerman, Belanda, Brunei, Selandia Baru, Perancis, Vietnam, Malaysia dan Indonesia.Indonesia sendiri menurunkan 7 tim nasional yaitu 1. Polygon Sweet Nice, 2. Araya, 3. Putra Perjuangan, 4. Warung Sego Penyetan, 5. Custom Cycling Club, 6. Binong Baru Club Pessel dan 7. Sumatra Barat.(msb)

 

BACA JUGA:

>>Jakarta Stocks Decline 1.48% In Today's Closing Session

>> MARKET CLOSING—IHSG Anjlok 61,07 Poin

>> TRAGEDI SUKHOI: Penyebar  Foto Palsu Terancam  Denda Rp12 Miliar!

>> Sinyal negatif di bursa Asia menguat 

>> BBJ Targetkan Kontrak Kakao Tembus 300.000 Ton

>> 5 Kanal TERPOPULER Bisnis.com

 

 

>>> Top 5 Editors Choice Bisnis Indonesia

>>> Steve Wozniak Kepincut Saham Facebook

>>> Menhub Minta Asuransi Korban Sukhoi Rp1,25 Miliar per Orang

>>> City juara Liga Inggris

>>> 5 Rubrik TERPOPULER

>>> 10 ARTIKEL Paling Banyak DIBACA


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Hilda Sabri Sulistyo

Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top