BALAP MOTO3: Honda kirim duet pembalap Purbolinggo & Palopo

 
Tusrisep
Tusrisep - Bisnis.com 06 April 2012  |  10:42 WIB

 

JAKARTA: PT Astra Honda Motor (AHM) mengirimkan duet pembalap terbaiknya ke ajang Asia Dream Cup (ADC) dengan target memperebutkan satu jatah wild card Moto3 tahun depan.
 
Menurut A. Indraputra, GM Marketing Planning and Analysis Division AHM, Honda memberangkatkan Denny Tiyugo dari Astra Motor Racing Team dan Iswandi Muis dari tim Honda Wahana Dunia Motor.
 
Denny asal Purbolinggo, Jawa Timur adalah jawara Indoprix 2010 dan 2011 sementara Iswandi asal Palopo, Sulawesi Selatan adalah juara region 4 Sulawesi Motoprix 2010 sekaligus peraih runner up seri 1 IP 125cc Indoprix 2012.
 
“Jalur yang kami siapkan itu adalah Asia Dream Cup. Sebuah ruang bagi mimpi orang Asia menembus kerasnya persaingan di arena balap dunia,” ujar Indraputra kemarin.
 
Asia Dream Cup (ADC) merupakan ajang balap tingkat Asia yang menggunakan motor sport Honda CBR 250. Event ini diselenggarakan bersamaan dengan seri Asian Road Racing Championship (ARRC), yang digelar di enam negara, yaitu Malaysia (13 Mei), Jakarta (17 Juni), China (5 Agustus), Jepang (9 September), Qatar, dan Taiwan.
 
Setiap negara tersebut akan diwakili oleh dua pembalap dengan usia pembalap yang sudah ditentukan yaitu 15-25 tahun. Dari ajang balap ADC ini, 3 pembalap terbaik di klasemen akhir akan mendapat kesempatan untuk mengikuti seleksi dan untuk memperebutkan satu jatah wild card Moto3 2013.
 
Sementara Moto3 yang mulai digelar musim ini menggunakan mesin 4-tak 250cc adalah pengganti kelas 125cc MotoGP yang dimusnahkan FIM setelah melakukan rapat dengan komisi Grand Prix dan MSMA (Motor Sports Manufacturer Asosciation) pada 2010.
 
“Dengan kesempatan main sebagai wild card, kemampuan pembalap kita [Honda] berpeluang untuk dilihat di level internasional. Bukan tidak mungkin, tim yang turun full series di arena balap dunia ini akan merekrutnya. Jadi jalan menjadi pembalap dunia menjadi terbuka lebar,” papar Indraputra.
 
Pola pembinaan berjenjang yang sudah dicanangkan AHM mulai diimplementasikan dengan menyiapkan jalur ideal  menuju jenjang balap yang lebih tinggi. Hal ini dilakukan melalui proses penyaringan yang selektif sehingga dapat dipastikan pembalap yang terpilih memang benar-benar memiliki kompetensi untuk berkiprah di ajang balap tingkat dunia.
 
Denny Triyugo dan Iswandi Muis dinilai Honda sebagai pembalap yang skill-nya telah teruji dan secara umur telah memenuhi syarat. Hanya saja dalam catatan Bisnis, Iswandi masih didera cidera patah kaki ketika bertarung di Indoprix lalu.
 
Sementara itu Anggono Iriawan, Manager Safety Riding and Motor Sports AHM mengatakan salah satu patokan yang digunakan adalah arena Indoprix yang menjadi kasta tertinggi dalam ajang balap di Tanah Air saat ini.
 
Karena itu, AHM memprioritaskan pembalap Indoprix dan Denny Tiyugo adalah juara Indoprix 2010 dan 2011.
 
Pada sisi lain, dalam jajaran pembalap Honda saat ini terdapat, terdapat empat pembalap yang usianya masuk dalam batas 25 tahun. Berdasarkan hasil analisa AHM, di antara mereka yang paling siap  mendampingi Denny di ajang ADC adalah Iswandi Muis.
 
“Iswandi sudah 1satu tahun beradaptasi balap di Indoprix yang semua main di sirkuit permanen, sehingga secara skill, mental dan fisik sudah lebih siap untuk mendapat kesempatan ini,” jelasnya. (sut)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top