Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia ingin perbaiki peringkat di Olimpiade London

JAKARTA: Indonesia berupaya memperbaiki peringkat dengan mengandalkan cabang olahraga bulutangkis dan angkat berat untuk mendulang medali emas di ajang olahraga terbesar Olimpiade London yang dimulai Juli 2012.Menteri Pemuda dan Olahraga Andi A. Mallarangeng

JAKARTA: Indonesia berupaya memperbaiki peringkat dengan mengandalkan cabang olahraga bulutangkis dan angkat berat untuk mendulang medali emas di ajang olahraga terbesar Olimpiade London yang dimulai Juli 2012.Menteri Pemuda dan Olahraga Andi A. Mallarangeng mengatakan Indonesia mematok target realistis di pesta olahraga terakbar dunia tersebut, karena persiapan yang dinilai cukup singkat kurang dari 7 bulan.“Tentu kita ingin tetap mendapatkan medali emas di olimpaide sekaligus memperbaiki posisi kita. Tetapi melihat atlet kita yang masih muda, kita punya target lebih panjang di Asian Games 2014 dan Olimpiade 2016 di Rio di Janeiro Brasil,” ujarnya, pekan ini.Menurut dia Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) kembali bekerja untuk menyiapkan atlet yang akan berlaga di olimpiade London.Satlak Prima ini berhasil mengantar Indonesia merebut juara umum Sea Games ke-26 di Jakarta dan Palembang November lalu.Sebanyak empat cabang olahraga, seperti bulutangkis, panahan, angkat besi putra, dan renang telah mengikuti tahap kualifikasi dan dinyatakan lolos ke olimpiade.Andi menargetkan cabang olahraga angkat berat putri dapat menyusul prestasi atlet putra lolos ke London. “Kita ingin banyak lagi atlet yang lolos kualifikasi, beberapa diantaranya masih akan ikut kualifikasi,” jelasnya.Pada olimpiade Beijing 2008, Indonesia menduduki peringkat ke-42 dari 204 negara yang turut berlaga. Indonesia meraih satu medali emas, satu medali perak, dan tiga medali perunggu.Emas Indonesia dipersembahkan oleh Markis Kido/Hendra Setiawan di nomor ganda putra bulutangkis, medali perak didapat dari angkat besi atas nama Eko Yuli Irawan, sementara tiga perunggu seluruhnya dari bulutangkis.Dalam kesempatan yang sama, Menteri Negara Inggris untuk Kawasan Asia Pasifik Jeremy Browne menyatakan Inggris telah siap menyambut atlet, delegasi, maupun wisatawan dari berbagai penjuru dunia yang ingin menyaksikan langsung Olimpiade 2012.“Tiket untuk acara pembukaan telah mulai dijual dan kami harap semua orang di dunia akan menikmati seluruh rangkaian acara olimpiade London,” katanya saat menghadiri peluncuran maskot Olimpiade London di kediaman Duta Besar Inggris di Jakarta.Kepala Bagian Pers dan Hubungan Masyarakat Kedutaan Besar Inggris Faye Belnis menambahkan Olimpiade London diperkirakan akan menyedot 4 miliar orang penonton di seluruh penjuru dunia.Selain itu, kegiatan ini juga membuka kesempatan kerja bagi masyarakat Inggris. “Selama pelaksanaan olimpiade ini, lebih dari 100.000 tenaga kerja baru terserap,” tutupnya. (api) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler