Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

JAKARTA: Tim Indonesia harus mencuri satu kemenangan dari nomor tunggal dan menyapu bersih dua partai ganda untuk merebut medali emas di partai final bulutangkis beregu putri melawan Thailand mulai pukul 15.00 Wib hari ini.
 
Mantan ratu bulutangkis Indonesia Susi Susanti mengatakan tim bulutangkis Thailand telah menjelma sebagai satu kekuatan baru di kancah bulutangkis level Asia Tenggara.
 
"Peluang menurut saya sih 50%-50%, Thailand kuat di nomor tunggal. Kita harus bisa curi satu poin dari nomor tunggal, sementara dua nomor ganda harus kita amankan karena secara teknis kita lebih unggul," ujarnya melalui sambungan telepon, sore ini.
 
Indonesia melaju ke final beregu putri bultangkis Sea Games setelah membenamkan perlawanan Malaysia di partai semifinal dengan skor 3-1 pada Minggu kemarin. Adapun Thailand melaju ke final setelah menumbangkan perlawanan Singapura dengan skor meyakinkan 3-0.
 
Dari sisi peringkat pemain, Thailand praktis lebih unggul dibandingkan Indonesia. Sektor tunggal mereka diperkuat Porntip Buranaprasertsuk (peringkat 12 dunia), juara dunia junior 2011 Ratchanok Intanon (13 dunia), dan Salakjit Ponsana (28 dunia). 
 
Selain itu, Thailand juga mempunyai pemain ganda peringkat 11 dunia, Duanganong Aroonkesorn/Kunchala Voravichitchaikul.
 
Sementara itu, tim Indonesia menurunkan Lindaweni Fanetri (peringkat 34 dunia), Ardiyanti Firdasari (39 dunia), Maria Febe Kusumastuti (49 dunia), dan ganda Vita Marissa/Nadya Melati (peringkat 10 dunia) serta Anneke Feinya Agustine/Nitya Krishinda (19 dunia).
 
“Ini akan jadi final ketat. Saya optimistis Indonesia bisa menang 3-2 dari Thailand,” tambahnya.
 
Di beregu putra, Susi menilai peluang Indonesia meraih medali emas cukup terbuka saat berhadapan dengan Malaysia.
 
Indoensia beruntung karena negeri jiran ini tidak diperkuat pemain tunggal andalannya, Lee Chong Wei dan satu ganda pemain ganda terbaiknya.
 
"Melawan Malaysia tetap menjadi partai menarik, karena Malaysia kerap disebut sebagai musuh bebuyutan," jelasnya.
 
Tim beregu putra Indonesia merupakan juara bertahan untuk ajang Sea Games ini, sementara tim putri terakhir kali menyabet medali perak di ajang pesta olahraga bangsa Asean ini. (sas)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Djony Edward
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler